Bulan Februari Mau Habis, Bansos Rp 300 Ribu Sudah Cair?

Tim detikcom - detikFinance
Kamis, 25 Feb 2021 12:20 WIB
Ilustrasi THR
Foto: Muhammad Ridho
Jakarta -

Bagi masyarakat yang masuk dalam daftar kategori Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bantuan sosial, mungkin sedang bertanya-tanya bansos Rp 300 ribu kapan cair? Program bantuan Sosial Tunai atau BST Rp 300 ribu dilanjutkan pemerintah pada 2021.

Setiap KPM akan menerima uang tunai sebesar Rp 300 ribu selama 4 bulan berturut-turut, yaitu Januari, Februari, Maret, dan April 2021. BST sendiri disalurkan melalui PT Pos Indonesia.

Mengingat sekarang sudah memasuki akhir Februari, jadi bansos Rp 300 ribu kapan cair? KPM bisa mencairkan BST tersebut setelah menerima surat pemberitahuan.

"Setelah menerima surat pemberitahuan pencairan BST, KPM bisa mendatangi ke kantor pos terdekat. Kantor pos memiliki jadwal pencairan BST untuk menghindari kerumunan," kata Kemensos yang diunggah melalui akun Instagramnya kemensosri.

KPM pun diminta datang pada waktu yang telah ditetapkan. Perlu diketahui juga, pencairan dana BST tidak boleh diwakilkan. KPM wajib membawa surat undangan serta KTP atau Kartu Keluarga.

Bagi penerima yang sakit, lanjut usia, dan penyandang disabilitas berat, petugas pos akan mengantarkan bansos Rp 300 ribu langsung ke tempat tinggal penerima, tidak ada potongan apapun saat menerima pencairan dana BST.

Kemensos berpesan pada penerima BST Rp 300 ribu supaya menggunakan bantuan dengan bijak. Bantuan diharapkan bisa mengurangi beban pengeluaran KPM selama pandemi COVID-19.

BST Rp 300 ribu harus dibelanjakan barang-barang kebutuhan pokok bukan rokok, minuman keras, atau obat-obatan terlarang. Penggunaan BST Rp 300 ribu dengan bijak membantu masyarakat melewati masa darurat.

Jadi, jika Anda sedang menantikan bansos Rp 300 ribu kapan cair? Harap bersabar, tunggu giliran ya.

Simak video 'Soal Data Penerima Bansos, Kemensos: Daerah yang Paham Rakyatnya':

[Gambas:Video 20detik]



(hal/fdl)