Luhut Blak-blakan soal 'Dekat' China Hingga 4L

Hendra Kusuma - detikFinance
Jumat, 26 Feb 2021 06:40 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan
Foto: KEMENKO MARVES

Pada kesempatan yang sama, CT kembali bertanya soal istilah 4L alias Luhut Lagi Luhut Lagi.

"Di masyarakat ada istilah 4L, pak Luhut sudah dengar kan. Luhut lagi Luhut lagi. Mohon dijelaskan klarifikasinya," kata CT.

Menjawab hal itu, Luhut pun menjelaskan dirinya yang sering terlibat di banyak sektor mengenai urusan pemerintahan.

"Sebetulnya tidak Luhut Lagi Luhut Lagi. Jadi apa yang saya kerjakan tidak mau kalau tidak holistik, saya tidak mau tidak terintegrasi, karena kalau tidak holistik itu tidak tuntas," kata Luhut.

Dia juga menjelaskan instansi yang dipimpinnya sekarang ini, yaitu Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi membawahi beberapa instansi di sektor yang berbeda-beda, seperti Kementerian PUPR, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Kementerian ESDM, dan lainnya

Bahkan dalam praktik atau eksekusi sebuah program, dikatakan Luhut tidak menutup kemungkinan untuk bersinergi dengan instansi yang di luar dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

"Kalau pembangunan jalan tol itu di bawah saya, ada urusan Kementerian PUPR dan masalah lahannya ada di Kementerian ATR. Karena saya kerja banyak dan yang penting tugas pokok saya dari presiden saya tuntaskan," ungkap Luhut.

Halaman

(hek/fdl)