Gurita Bisnis Gibran yang Diserahkan ke Kaesang

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 26 Feb 2021 11:35 WIB
Gibran-Teguh ucapkan sumpah jabatan
Foto: Istimewa/Tim Gibran
Jakarta -

Anak pertama Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka hari ini dilantik menjadi Wali Kota Solo. Gibran dilantik bersama Teguh Prakosa sebagai calon Wakil Wali Kota.

Sebelum masuk ke dunia politik, ayah kandung Jan Ethes ini juga dikenal pengusaha di berbagai bidang. Setelah dia menjabat, semua bisnisnya itu diserahkan ke adiknya Kaesang Pangarep.

Gibran telah menyerahkan aneka bisnisnya kepada Kaesang sejak memilih terjun ke politik.

"Bisnis kakak saya diserahkan ke saya yang ambil alih semua sejak masuk politik," tutur Kaesang di Ecovention Ancol, Jakarta pada Minggu (10/11/2019).

Selain itu Kaesang juga pernah menyatakan tidak akan mengikuti jejak sang kakak terjun ke dunia politik. Dia lebih memilih mengurus bisnis sekaligus menyiapkan ekspansi.

Lalu apa saja usaha Gibran?

Gibran memiliki usaha di bidang kuliner yakni katering Chili Pari yang didirikan pada Desember 2010 lalu. Gibran juga menjadi Ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJBI) Kota Solo.

Kemudian Gibran juga punya House of Knowledge yang dibangun untuk melatih pegawai lepas katering Chili Pari agar lancar berbahasa Inggris.

Lalu Markobar yang menjual aneka martabak. Di Markobar, Gibran menggandeng Kaesang Pangarep.

Selain makanan, Gibran juga memiliki bisnis di bidang bisnis reparasi produk Apple dengan nama Icolor dengan konsep jemput bola.

Gibran juga memiliki bisnis e-commerce dengan berjualan jas hujan bermerek Tugas Negara Bos. Jas hujan ini dijual melalui online di sejumlah aplikasi belanja online.

Selanjutnya usaha kuliner bersama Chef Arnold Poernomo yakni Mangkok Ku. Ada juga makanan Siap Mas yang menghadirkan produk minuman dan makanan ringan seperti keripik dengan nama Ngedrink dan Kemripik di berbagai minimarket.

Kemudian untuk minuman ada juga startup kuliner bernama Goola. Goola punya produk minuman tradisional khas Indonesia seperti Es Doger yang dikemas lebih modern.

Belum lama ini startup tersebut mendapat suntikan modal senilai US$ 5 juta atau setara Rp 71 miliar dari firma modal ventura Alpha JWC Ventures.

Dengan suntikan modal dari Alpha JWC Ventures, Gibran bakal merealisasikan target menjadi market leader di Indonesia dengan gerai di kota-kota besar dan kecil, serta memulai ekspansi ke negara-negara Asia Tenggara tahun depan.



Simak Video "Sah! Gibran Rakabuming Jadi Wali Kota Solo Terpilih"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/das)