Terpopuler Sepekan

Harga Emas Turun Terus, Ternyata Ini Biang Keroknya!

Vadhia Lidyana - detikFinance
Sabtu, 27 Feb 2021 12:30 WIB
Harga emas terus merangkak naik. Hari ini, harga emas Antam bahkan tembus Rp 1 juta. Pergerakan harga emas ini pun diperkirakan masih akan mengalami kenaikan.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Harga emas Antam hari ini, Sabtu (27/2/2021) menyentuh Rp 917.000 per gram, atau turun Rp 2.000 dibandingkan harga kemarin, Jumat (26/2). Harga tersebut merupakan harga terendah sejak pertengahan tahun 2020.

Sementara, harga buyback atau pembelian kembali emas Antam hari ini merosot Rp 8.000 ke level Rp 794.000/gram. Harga buyback ini berarti, jika Anda ingin menjual emas, maka Antam akan membelinya dengan harga tersebut.

Sejak akhir 2020, harga emas batangan Antam memang terus mengalami penurunan. Bahkan, harga hari ini telah anjlok 13,89% atau setara Rp 148.000 jika dibandingkan harga tertinggi emas batangan Antam yakni Rp 1.065.000/gram pada 7 Agustus 2020 lalu.

Direktur TFRX Garuda Berjangka Ibrahim mengungkapkan, penyebab harga emas dikarenakan adanya sentimen negatif terhadap emas yang berasal dari kekhawatiran akan inflasi yang tinggi.

"Ini kan karena inflasi tinggi, sehingga menyebabkan imbal hasil treasury di AS mengalami kenaikan. Lalu di sisi lain juga vaksinasi di berbagai negara terus berlanjut," kata dia saat dihubungi detikcom beberapa waktu lalu.

Di sisi lain, program vaksinasi di sejumlah negara mulai memperbesar harapan ekonomi membaik. Oleh sebab itu, investor beralih dari investasi emas yang sebelumnya dipilih karena merupakan instrumen safe haven. Ekspektasi investor terhadap pasar pun semakin membaik.

Ia menilai, wajar harga emas turun ketika investor optimistis akan adanya pemulihan ekonomi global.

Apa lagi yang membuat Harga emas turun? klik halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2