Round-Up Berita Terpopuler

Jokowi Buka Pintu Investasi Miras, Trenggono Larang Ekspor Benur

Tim detikcom - detikFinance
Minggu, 28 Feb 2021 21:00 WIB
ekspor benih lobster
Foto: Zaki Alfarabi/Tim Infografis
Jakarta -

Berita terpopuler detikFinance Minggu (28/2/2021) datang dari Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 10 Tahun 2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal. Melalui kebijakan itu pemerintah membuka pintu untuk investor baru baik lokal maupun asing untuk minuman beralkohol. Bagaimana dampaknya terhadap ekonomi? nanti kita bahas.

Berita terpopuler lainnya mengenai Harga emas dunia yang terus mengalami penurunan cukup signifikan. Penurunan ini tentu sejalan dan mempengaruhi pergerakan harga emas Antam.

Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Sakti Wahyu Trenggono yang memutuskan untuk melarang ekspor benih bening lobster (BBL) alias benur juga menjadi salah satu berita terpopuler detikcom.

Pengin tahu informasi selengkapnya? Baca berita detikFinance terpopuler berikut ini.

1. Jokowi Buka Investasi Miras

Melalui Perpres 10/2021, pemerintah membuka pintu untuk investor baru baik lokal maupun asing untuk minuman beralkohol di 4 provinsi yakni Bali, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Utara, dan Papua. Lalu apakah kebijakan ini akan memberikan pengaruh terhadap ekonomi?

"Saya belum menemukan pengaruh investasi minuman beralkohol ke daerah yang dimaksud. Daerah-daerah yang dimaksud lebih banyak ekonominya didorong bukan kepada industri minuman beralkohol tetapi kepada sektor lain," kata peneliti dari Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia, Yusuf Rendy kepada detikcom, Minggu (28/2/2021).

Yusuf mencontohkan Papua, provinsi paling timur itu menurutnya lebih banyak didorong oleh industri pertambangan. Sementara Bali banyak didukung pariwisata.

Sementara Ekonom di Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Bhima Yudhistira menilai justru kebijakan itu membuat wajah Indonesia di mata investor asing khususnya dari negara muslim kurang bagus.

"Banyak sektor yang bisa dikembangkan selain industri miras. Kalau hanya punya dampak ke tenaga kerja, sektor pertanian dan pengembangan agro industri harusnya yang dipacu," terangnya.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Menteri Trenggono: Kalau Ada yang Ekspor Benih Lobster Saya Lawan"
[Gambas:Video 20detik]