Sebelum Daftar, Ketahui Dulu Manfaat Kartu Prakerja

Anisa Indraini - detikFinance
Minggu, 28 Feb 2021 22:00 WIB
Kartu Prakerja
Foto: Kartu Prakerja (M Fakhri Aprizal/Tim Infografis)
Jakarta -

Pembukaan Kartu Prakerja menjadi salah satu yang ditunggu-tunggu masyarakat setiap gelombangnya. Animo terhadap program ini sangat tinggi karena melihat banyak manfaat yang didapat. Apa saja?

Berdasarkan catatan detikcom, manfaat yang didapat jika mengikuti Kartu Prakerja bisa mendapat Rp 3.550.000. Namun Rp 1 jutanya tidak bisa diuangkan karena untuk dana pelatihan, jika tidak mengikuti pelatihan maka kepesertaan akan hangus dan uang akan dikembalikan ke kas negara.

Uang yang bisa dipegang masyarakat jika mengikuti Kartu Prakerja sebesar Rp 2.550.000. Itu berasal dari insentif setelah mengikuti pelatihan yang akan ditransfer Rp 600.000 selama empat bulan dan jika mengisi survei sebanyak 3 kali, akan dapat insentif tambahan sebesar Rp 150 ribu.

Manfaat lainnya yang didapat jika menjadi peserta Kartu Prakerja yakni bisa meningkatkan kompetensi atau keterampilan untuk masuk dunia kerja. Bagi korban pemutusan hubungan kerja (PHK), bisa menambah wawasan hingga peluang karier untuk di tempat kerja baru.

Kesempatan itu sangat terbuka karena berdasarkan survei Badan Pusat Statistik (BPS) Agustus 2020 lalu, 88% dari 300 ribu responden yang menjadi alumni peserta Kartu Prakerja mengaku telah memiliki profesi baru.

"Survei yang dilakukan BPS pada Agustus 2020 dengan 300 responden menghasilkan bahwa 88% mengatakan dengan Kartu Prakerja keterampilan peserta meningkat nah ini menggembirakan buat kita. Lalu ada 81,2% menggunakan uang kartu prakerja untuk kebutuhan sehari-hari," kata Rudy dalam keterangannya pada 16 Desember 2020.

"Jadi betul-betul manfaat dari Kartu Prakerja ini baik untuk keterampilannya maupun untuk subsidi penghasilan mereka ini juga dianggap berhasil," tambahnya.



Simak Video "Mau Daftar Program Kartu Prakerja? Simak Syarat dan Caranya di Sini"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)