Pilih yang Mana Ya: Diskon Mobil, Rumah Bebas DP, Emas Lagi Murah?

Vadhia Lidyana - detikFinance
Senin, 01 Mar 2021 13:13 WIB
Bantuan langsung tunai (BLT) akan diberikan kepada pegawai dengan gaji di bawah Rp 5 juta per bulan. Seperti apa rinciannya?
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Bulan Maret, bulannya sederet stimulus. Mulai bulan ini, pemerintah sudah menerapkan diskon PPnBm untuk mobil baru segmen ≤ 1.500 cc kategori sedan dan 4x2, serta relaksasi kredit pemilikan rumah (KPR) dalam bentuk uang muka atau DP yang diberikan pelonggaran hingga 0%.

Di sisi lain, harga emas batangan Antam juga terus anjlok, dan sudah sangat jauh dari Rp 1 juta per gram. Hari ini saja, harga emas batangan Antam berdasarkan situs perdagangan Logam Mulia ialah Rp 923.000/gram.

Jika ketiga barang tersebut dibeli lalu digunakan sebagai instrumen investasi, mana yang terbaik?

Menurut Perencana Keuangan dari Advisors Alliance Group Andy Nugroho, stimulus pilihannya harus tetap disesuaikan pada kondisi keuangan masing-masing. Jika memiliki modal yang besar, menurut Andy membeli properti lebih menguntungkan dengan asumsi membeli secara tunai. Pasalnya, tanpa ada stimulus DP KPR bisa sampai 0% pun, sejumlah pengembang sedang memberikan penawaran menarik selama pandemi demi menarik pembeli.

"Tergantung pada modalnya dulu. Karena kalau blg mana yang paling menjanjikan, ataupun cara kita bisa mendapatkan untung dari ketiga hal tersebut, itu yang paling besar ya belinya dengan cara tunai. Nah kalau kita beli cara tunai, ya pasti membeli rumah kemungkinan akan membutuhkan modal yang paling tinggi," kata Andy kepada detikcom, Senin (1/3/2021).

Jika membeli dengan kredit, investasi di properti juga menguntungkan, karena risiko penurunan nilainya jauh lebih minim dibandingkan mobil atau emas.

"Kalau dengan asumsi kredit mana yang paling menguntungkan? Yang paling menguntungkan adalah properti," tutur Andy.

Emas juga bisa menjadi pilihan jika modal terbatas, namun ingin berinvestasi ketika harganya sedang jatuh. "Kemudian kedua baru logam mulia jika modal terbatas," imbuh Andy.

Bagaimana stimulus lainnya?

Tonton juga Video: Catat! Skema Diskon PPnBM Mobil Baru

[Gambas:Video 20detik]