Bantuan Kuota Belajar 2021 Lebih Kecil dari 2020, Segini Jumlahnya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 01 Mar 2021 14:32 WIB
Anak-anak belajar di Aula Kelurahan Jati Rahayu, Kota Bekasi, Jawa Barat, Rabu (29/7/2020). Pihak kelurahan menyediakan fasilitas ruang belajar ber-AC dan wifi gratis bagi siswa. Tujuannya untuk membantu siswa yang selama ini sulit memenuhi paket kuota internet untuk belajar sekolah.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Pemerintah kembali memberikan bantuan kuota belajar di tahun 2021 per bulan Maret ini hingga 3 bulan ke depan. Program ini sempat diberikan pada tahun 2020 yang lalu.

Namun, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan bantuan kuota tahun ini jumlahnya lebih kecil dibandingkan dengan bantuan kuota di tahun 2020.

Meski lebih kecil, Nadiem menegaskan kuota yang diberikan bersifat umum, sehingga baik guru dan murid bisa memanfaatkan kuota untuk akses yang lebih luas. Fleksibilitas penggunaan kuota jadi hal yang utama dalam penyaluran bantuan kuota belajar 2021.

"Ada sedikit perbedaan, karena kami dengar banyak masukan dari masyarakat untuk meningkatkan fleksibilitas kuota internet. Kami akan berikan kuota belajar dengan giga yang lebih kecil dari kuota belajar sebelumnya. Tapi ini kuota umum," papar Nadiem dalam konferensi pers virtual via YouTube, Senin (1/3/2021).

"Jadi semua akses ke seluruh laman dan aplikasi kecuali aplikasi yang diblokir bisa dilakukan," ujarnya.

Sebagai informasi, tahun lalu pemberian bantuan kuota belajar memang dibagi dua. Mulai dari kuota umum bisa digunakan untuk mengakses semua situs dan aplikasi, dan kuota pembelajaran yang hanya bisa digunakan untuk situs dan aplikasi yang telah ditentukan Kemendikbud.

Bantuan kuota belajar 2021 akan diberikan setiap tanggal 11-15, dan berlaku selama 30 hari, kuota yang diberikan berlaku umum. Berikut ini daftar jumlah bantuan kuota belajar yang akan diterima di tahun 2021:
1. Peserta didik jenjang PAUD 7 GB/bulan
2. Peserta didik jenjang dasar, dan menengah 10 GB/bulan
3. Guru jenjang PAUD, dasar, dan menengah 12 GB/bulan
4. Dosen dan mahasiswa 15 GB/bulan

Sebagai perbandingan, berikut ini daftar jumlah bantuan kuota belajar yang diberikan tahun 2020 yang lalu:
1. Peserta didik jenjang PAUD 20 GB/bulan (5 GB kuota umum dan 15 GB kuota belajar)
2. Peserta didik jenjang dasar, dan menengah 35 GB/bulan (5 GB kuota umum dan 30 GB kuota belajar)
3. Guru jenjang PAUD, dasar, dan menengah 42 GB/ bulan (5 GB kuota umum dan 37 GB kuota belajar)
4. Dosen dan mahasiswa 50 GB/bulan (5 GB kuota umum dan 45 GB kuota belajar)

Tonton juga Video: Pemerintah Gelontorkan Rp 7 T Buat Bantuan Kuota Belajar

[Gambas:Video 20detik]



(hal/fdl)

Tag Terpopuler