Mendag Gandeng Pengusaha Muda Cetak UMKM Go Ekspor

Soraya Novika - detikFinance
Rabu, 03 Mar 2021 13:19 WIB
Dubes RI untuk Amerika Serikat, Muhammad Lutfi
Foto: Edi Wahyono
Jakarta -

Menteri Perdagangan (Mendag), Muhammad Lutfi menekankan, pentingnya kolaborasi antar kementerian/lembaga (K/L) hingga asosiasi terkait untuk mendukung UMKM go ekspor. Sebab, melalui kolaborasi ini dinilai akan mempercepat proses pengambilan solusi.

Ketua Bidang Perdagangan, Perindustrian dan ESDM Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Rama Datau dalam audiensi ke Mendag Lutfi mengatakan HIPMI sangat mengapresiasi serta mendukung langkah Mendag Lutfi untuk bisa lebih memberdayakan UMKM Indonesia.

"Ini merupakan sebuah langkah yang sangat baik dari mendag kita, karena kita perlu membuat langkah untuk mendukung UMKM kita agar bisa lebih berdaya saing agar siap untuk bersaing di pasar dunia," kata Rama di Kementerian Perdagangan (3/3/2021).

Menurut Rama, saat ini memang perlu sekali adanya kolaborasi antara pemerintah, UMKM, asosiasi serta para pengusaha untuk bisa bersinergi bersama-sama dan berjuang memulihkan perekonomian Indonesia.

Hipmi menjelaskan untuk mengkolaborasikan program kerja Mendag, HIPMI juga mempunyai program kerja salah satunya adalah HIPMI bekerja sama dengan diaspora-diaspora Indonesia di luar negeri untuk memasarkan produk-produk UMKM Indonesia

"Hal ini juga bisa menjadi semangat untuk para anak-anak muda yang ingin mulai merintis usahanya untuk bisa saling berkolaborasi. Sehingga produknya bisa mempunyai daya saing bukan hanya bersaing di dalam negeri tetapi juga harus bisa go internasional," ujar Rama.

Rama juga menjelaskan bahwa peran UMKM saat ini sangatlah penting untuk bisa menggenjot perekonomian karena jika para UMKM bisa berkembang, pasti akan bisa melakukan penyerapan tenaga kerja.

"Kita tidak bisa dipungkiri lagi, dengan adanya pandemi Covid-19 ini perekonomian Indonesia terkena dampak. Banyaknya perusahaan yang tidak bisa bertahan hingga harus memutuskan PHK para pekerjanya mengakibatkan pengangguran di Indonesia menjadi kian bertambah," ungkap Rama.

Rama mengatakan HIPMI siap membantu langkah Mendag Lutfi dalam program kerjanya karena ini sebuah langkah yang baik dan HIPMI siap berkontribusi ikut berkolaborasi untuk membantu para UMKM. Kolaborasi ini sangat perlu untuk dilakukan karena bisa bersama-sama mencari dan mempercepat menemukan solusi atas permasalahan perekonomian Indonesia.

"Kita akan membuat pelatihan untuk para UMKM untuk bisa berdaya saing mengoptimalkan penggunaan digital, lalu mengembangkan produk dan Badan Pengurus Cabang (BPC) HIPMI di seluruh Indonesia harus berperan untuk saling berkolaborasi dengan para UMKM setempat," tutup Rama.



Simak Video "Bikin Laper: Mencoba Dendeng hingga Rendang Vegetarian"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)