Jokowi: Jangan Sampai Lokasi Strategis Mal Diisi Brand Asing!

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 04 Mar 2021 10:59 WIB
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta mall dan pusat perbelanjaan di seluruh Indonesia turut mendukung kampanye cinta produk Indonesia. Salah satunya dengan memberikan ruang strategis untuk produk lokal.

Jokowi awalnya meminta Kementerian Perdagangan untuk membuat kebijakan dan strategi yang tepat untuk mengembangkan pasar produk nasional.

"Misalnya dengan mendukung program bangga buatan Indonesia, bangga buatan Indonesia. Pusat perbelanjaan, mall harus terus didorong, Jakarta sampai ke daerah dorong untuk memberikan ruang bagi produk-produk Indonesia, khususnya UMKM. Jangan sampai ruang depan, lokasi-lokasi strategis (mal) justru diisi oleh brand-brand dari luar negeri," tuturnya saat membuka Rapat Kerja Kementerian Perdagangan 2021, dilansir dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (4/3/2021).

Menurut Jokowi sudah saatnya pusat perbelanjaan dan mall mulai sadar untuk menggeser produk-produk luar negeri dari lokasi strategis di tempatnya. Tujuannya agar dominasi produk asing terhadap produk lokal bisa diredam.

"Ini harus mulai digeser. Mereka digeser ke tempat yang tidak strategis. Tempat yang strategis, lokasi yang baik, berikan ruang untuk brand-brand lokal," tambahnya.

Menurut Jokowi 270 juta jiwa merupakan pasar yang sangat besar bagi sebuah negara. Pasar tersebut harus dijaga agar tidak dikuasai oleh produk-produk asing. Oleh karena itu dia meminta untuk kembali digaungkan cinta produk Indonesia ditambah juga dengan benci produk asing.

"Ajakan-ajakan untuk cinta produk-produk kita sendiri, produk-produk Indonesia harus terus digaungkan. Produk-produk dalam negeri gaungkan! Gaungkan juga benci produk-produk dari luar negeri," tegasnya.

"Bukan hanya cinta, tapi benci. Cinta barang kita, benci produk dari luar negeri," tambah Jokowi.

(das/fdl)