Kampanye Benci Produk Asing, Jokowi: Lindungi UMKM

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 04 Mar 2021 13:08 WIB
Presiden Jokowi dalam Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana Tahun 2021 (Foto: Tangkapan layar YouTube Setpres)
Foto: Presiden Jokowi dalam Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana Tahun 2021 (Foto: Tangkapan layar YouTube Setpres)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggaungkan kampanye benci produk asing dan mencintai produk lokal. Hal itu perlu dilakukan juga untuk melindungi UMKM.

Menurutnya perdagangan digital yang ada di Indonesia saat ini ada yang tidak beres. Justru menurutnya kemajuan digital di bidang perdagangan mengancam produk UMKM dalam negeri.

"Baru minggu kemarin saya sudah sampaikan ke pak Menteri Perdagangan, ini ada yang nggak bener ini di perdagangan digital kita, membunuh UMKM. Diperingatkan karena kita harus membela, melindungi dan memberdayakan UMKM kita agar naik kelas. Ini salah satu tugas terpenting Kementerian Perdagangan," tutur Jokowi saat membuka saat membuka Rapat Kerja Kementerian Perdagangan 2021, dilansir dari akun Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (4/3/2021).

Jokowi menegaskan perdagangan digital harus mendorong pengembangan UMKM nasional. Kekuatan digital juga harus dimanfaatkan untuk memanfaatkan suplai dari UMKM di seluruh Indonesia untuk dipasarkan secara nasional dan global.

"Yang kecil-kecil ini kalau diangkat, kalau diberikan peluang saya melihat banyak sekali. Ada keripik sekarang bisa usahanya nyari rumah tangga bisa export ke Korea, bisa ekspor ke Jepang," tuturnya.

Menurut Jokowi bukan perkara sulit untuk meningkatkan kualitas UMKM nasional, seperti brand dan kemasan. Kemudian mereka didorong untuk melakukan ekspor.

Namun biasanya ketika UMKM mulai menyentuh pasar ekspor kendalanya adalah sulit memenuhi meningkatkan kapasitas produksi untuk memenuhi permintaan. Nah untuk itu perbankan diminta bersedia untuk membantu UMKM dalam kondisi tersebut.

Apa lagi pernyataan Jokowi? klik halaman berikutnya.

Lihat juga Video "Jokowi: Cintai Barang Kita, Benci Produk Luar Negeri":

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2