Said Aqil Komut KAI, Erick Thohir Bandingkan dengan Chandra Hamzah di BTN

Tiara Aliya Azzahra - detikFinance
Kamis, 04 Mar 2021 19:00 WIB
Poster
Foto: Edi Wahyono: Ilustrasi Menteri BUMN Erick Thohir
Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir telah memilih Said Aqil Siradj sebagai Komisaris utama (Komut) merangkap Komisaris Independen PT KAI. Menurut Erick Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) sosol yang tepat dengan posisi tersebut.

"Kemarin kita ada sinkronisasi bagaimana kereta api banyak sekali pembangunan terutama di daerah. Kita melihat figur Pak Said Aqil ada figur yang baik karena untuk juga menangani isu sosial," kata Erick Thohir di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (4/3/2021).

Erick Thohir juga membandingkan pengangkatan Said Aqil dengan Chandra Hamzah sebagai Komut PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN. Menurut Erick Said Aqil akan didampingi oleh komisaris lainnya yang memiliki rekam jejak mumpuni.

"Pak Said Aqil juga didampingi komisaris yang punya track record yang baik di bidang keuangan. jadi masing-masing figur berbeda-beda," ujarnya.

"Sama seperti misalnya kita mengangkat Pak Chandra Hamzah di BTN lebih melihat karena figur beliau untuk menangani kasus korupsi, karena memang BTN ada kasus korupsi, dan dirutnya waktu itu masuk penjara, diambil kejaksaan. Figur pak Chandra Hamzah di BTN lebih ke situ, tetapi yang mengerti perbankannya pak Chandra didampingi," sambung Erick

Dia menambahkan, pembangunan perkeretaapian di Indonesia kerap berhadapan dengan isu sosial. Ia berharap tangan dingin Said Aqil mampu mengatasi permasalahan ini.

"Selama ini kadang-kadang pembangunan itu rentan dengan isu sosial. Figur pak Said Aqil saya rasa figur yang bisa diterima sehingga pembangunan seperti LRT, sinkronisasi kereta Jakarta-Bandung, sinkronisasi kereta api dengan MRT, isu sosialnya ini bisa dilakukan," tutur Erick Thohir.

(hns/hns)