Profil Rina Gunawan Dulu dan Sekarang: Artis hingga Sukses Bisnis WO

Lusiana Mustinda - detikFinance
Kamis, 04 Mar 2021 20:45 WIB
Rina Gunawan
Foto: Instagram @
Jakarta -

Rina Gunawan tutup usia pada Selasa (02/03/2021). Pemilik nama lengkap Mustikana Gumilang Gunawan ini lahir di Bandung, Jawa Barat pada 28 Juni 1974. Meskipun dulunya presenter dan penyanyi, kini Rina Gunawan lebih banyak dikenal sebagai pebisnis wedding organizer.

Rina Gunawan dulu dan sekarang juga sangat berbeda. Baru-baru ini ia bahkan banyak diperbincangkan setelah berhasil menurunkan berat badannya hingga 30 kg dalam waktu 5 bulan dengan diet ketofastosis.

Akan tetapi meninggalnya Rina Gunawan bukan dikarenakan diet yang ia jalani. Teddy Syah, suami Rina Gunawan menyebut bahwa sang istri sempat terpapar COVID-19 dan dirawat di RS Pertamina Simprug, Jakarta. Ia mengalami sesak napas dan memiliki riwayat penyakit bawaan asma dan radang paru-paru.

Dikenal sejak tahun 1990-an, artis Rina Gunawan tak hanya sukses di bidang hiburan tetapi juga sukses menjadi pengusaha.

Awal karier Rina Gunawan

Rina Gunawan pernah tampil dalam sinetron Erte Erwe dan Pat Pat Gulipat. Ia juga tampil dalam sinetron Si Doel Anak Sekolahan. Saat itu ia berperan sebagai sahabat Sarah yang diperankan oleh Cornelia Agatha.

Sebelum masuk ke dunia sinetron, di tahun 1995, Rina Gunawan pernah merilis album berjudul Yudi. Ia juga pernah menjadi presenter dan membawakan acara "Campur-campur, semua deh ada di sini."

Jadi artis serba bisa, mulai dari pemandu acara, tarik suara, hingga menjadi pesinetron adalah jejak yang ditinggal dalam dunia hiburan yang membesarkan namanya.

Menikah dengan Teddy Syah

Pada tahun 1999, Rina Gunawan menikah dengan aktor Teddy Syah. Semenjak menikah, ia mulai mengurangi aktivitasnya di dunia hiburan. Keduanya dikaruniai dua anak yaitu Aqshal Ilham Syafatullah dan Karnisya Rahmasyach.

Bisnis wedding organizer

Merintis usaha wedding organizer sejak tahun 1992, dari tahun ke tahun karier bisnisnya semakin berkembang pesat. Usaha wedding organizer yang diberi nama Rina Gunawan Wedding Organizer ini menjadi salah satu andalan para selebritas Tanah Air hingga kini.

Banyak artis ibu kota yang sudah menggunakan jasa wedding organizer Rina Gunawan mulai dari Anang Hermansyah saat menikah dengan Ashanty, Eko Patrio dan Viona hingga Bunga Citra Lestari dan Ashraf Sinclair.

Berdasarkan informasi dari situs www.rinagunawan.com, jasa yang ditawarkan tak hanya untuk acara pernikahan, tapi juga berbagai acara lain seperti gathering, peluncuran produk, acara ulang tahun, dan sebagainya.

Pola diet

Rina Gunawan dulu dan sekarang tidak hanya berbeda dari karier tetapi juga transformasi berat badan. Belakangan Rina Gunawan tampil lebih energik setelah sukses menurunkan berat badan. Sebelumnya, Rina sempat merasa sulit beraktivitas karena bobot tubuhnya pernah mencapai 103 kg.

(lus/pal)