Solusi Baru Cegah Kemiskinan: Kartu Prakerja buat Calon Pengantin

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 05 Mar 2021 07:15 WIB
Ilustrasi Kartu Pra Kerja
Foto: Ilustrasi Kartu Pra Kerja (Tim Infografis: Luthfy Syahban)
Jakarta -

Kartu Prakerja kini bukan cuma jadi program bantuan untuk para korban PHK dan pengangguran saja. Kemenko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) mengeluarkan wacana pembentukan program Kartu Prakerja untuk calon pengantin alias catin.

Sesmenko PMK Y.B Satya Sananugraha mengatakan bahwa program ini rencananya akan dimulai tahun 2021 ini. Dia mengatakan implementasi program Kartu Prakerja bagi catin diperlukan untuk mencegah munculnya keluarga miskin baru.

Satya mengungkapkan hal ini merupakan arahan dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

"Kartu Prakerja ini merupakan jenis bantuan dari pemerintah untuk calon pengantin yang ingin menikah. Harapannya setelah menikah mereka akan mempunyai kehidupan ekonomi yang baik sehingga tidak lahir keluarga miskin baru," ujar Satya dalam keterangannya dikutip dari website kemenko pmk.go.id, Kamis (4/3/2021).

Dalam keterangan tersebut dijelaskan jumlah penduduk miskin pada Maret 2020 sebesar 9,78% atau meningkat 0,56% poin dari September yang berjumlah 24,79 juta orang. Sedangkan jumlah angkatan kerja di Indonesia saat ini sebanyak 138,22 juta orang dengan jumlah pengangguran 9,77 juta orang.

Satya mengatakan percepatan implementasi Kartu Prakerja bagi calon pengantin dapat diawali dengan mencari daerah yang akan dijadikan pilot project.

Contohnya, daerah dengan tingkat kemiskinan tinggi atau angka pengangguran yang tinggi akibat terdampak COVID-19, namun belum tersentuh bantuan pemerintah baik reguler maupun non reguler.

Apa saja yang disiapkan pemerintah untuk program Kartu Prakerja untuk catin ini?

Simak video 'Mau Daftar Program Kartu Prakerja? Simak Syarat dan Caranya di Sini':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2