RI Sumber Terbesar Tuna Dunia, Di Sini Lokasinya

Hendra Kusuma - detikFinance
Sabtu, 06 Mar 2021 17:15 WIB
Ikan Tuna Seberat Orang Dewasa
Foto: Eduardo Simorangkir
Jakarta -

Indonesia merupakan salah satu negara sumber ikan tuna dunia. Lokasi persisnya ada di kawasan laut Banda, yang masuk dalam peta 11 wilayah perikanan Indonesia

Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia (BRSDM) KKP, Sjarief Widjaja mengatakan 11 wilayah perikanan ini sudah didaftarkan ke Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)

"Sulawesi, Maluku itu adalah oceania lautan teduh, lautnya dalam, di situ ada sumber tuna terbesar di dunia ada di Laut banda, ini opportunity," kata Sjarief dalam acara Rapat Kerja Nasional Hipmi 2021, Sabtu (6/3/2021).

Secara nasional, nilai produk ikan nasional sekitar 12,45 juta ton per tahun, dan bisa menghasilkan ratusan triliun rupiah.

"Kalau kita kalikan dengan harga Rp 30 ribu per kg, kita bayangkan berapa yang kita dapat hampir Rp 370 triliun yang kita bisa peroleh," ujar Sjarief.

Untuk memanfaatkan potensi tersebut, KKP terus melakukan percepatan transformasi digital. Di mana setiap kegiatan kelautan mengadopsi teknologi digital. Tidak hanya itu, kelautan perikanan juga menjadi andalan sumber penerimaan negara non pajak.

Contohnya dari perikanan tangkap, potensi penerimaan negara bisa mencapai Rp 220 triliun, namun yang masuk ke kas negara baru Rp 600 miliar.

"Sehingga kami mendorong PNBP dari Rp 600 miliar menjadi Rp 12 triliun mulai tahun ini," tutur Sjarief.

(hek/hns)