Bisnis Arwana Super Red Bisa Raup Ratusan Juta, Segini Modalnya

Soraya Novika - detikFinance
Sabtu, 06 Mar 2021 19:41 WIB
Arwana Super Red
Foto: Dok Pribadi/Edy-Komunitas Arowana Iseereds
Jakarta -

Selain ikan cupang, Arwana juga bisa menjadi bisnis yang menjanjikan, salah satunya jenis Super Red. Jika Anda pengin bisnis ikan Arwana Super Red, penjelasan berikut ini bisa menjadi referensi.

"Ikan Arwana kecil anggap 9-11 cm itu di range harga Rp 3,5 juta," ujar Pendiri Iseereds (Komunitas Arowana) Edy kepada detikcom ditemui di Pacific Place, Jakarta Selatan, Sabtu (6/3/2021).

Selain itu, modal lain yang perlu disiapkan adalah untuk biaya akuarium sekitar Rp 2,5 juta hingga puluhan juta rupiah. Modal lainnya, seperti Mesin Aerator Pompa Gelembung Udara Aquarium antara Rp 30 ribu- Rp 600 ribuan, filter aquarium antara Rp 50 ribu-Rp 1 jutaan.

Bila ditotal, modal terendah yang dibutuhkan untuk berbisnis ikan Arwana jenis Super Red adalah sekitar Rp 6-7 juta/ekornya.

Perlu juga diperhitungkan biaya makannya. Untuk makan, ikan Arwana bisa makan kecoa, jangkrik, ulat atau udang.

"Beli Rp 5 ribu saja untuk jangkrik bisa dapat 30-40 ekor. Ikan sekali makan maksimal 5 ekor, bisa 8 kali makan, sebulan paling Rp 15 ribuan," kata Edy.

Untuk omzetnya beragam. Sayangnya, Edy yang juga seorang breeder Arwana tersebut enggan membagikan besaran pemasukan yang bisa didapat dari bisnis ikan Arwana Super Red tersebut.

Namun, menurutnya bila 1 ekor saja bisa dijual antara puluhan hingga ratusan juta rupiah, maka total omzet bulanan bagi pengusaha ikan Arwana tentu sangat besar. Anggaplah bila ingin berbisnis Ikan Arwana, dengan harga jual rata-rata Rp 10 juta per ekor, maka omzet yang bisa didapat dari 100 ekor ikan bisa mencapai Rp 1 miliar per bulan.

"Tidak menentu ya, tapi dengan treatment yang baik itu bisa mahal, bisa Rp 200-an juta per ekor, yang miliaran itu sangat jarang, tapi kalau tadi treatment nya bagus dan bisa menemukan pasarnya, ya mungkin saja, ada saja," tuturnya.

(hns/hns)