Arwana Super Red Tembus Pasar Lokal hingga ASEAN dan China

Soraya Novika - detikFinance
Sabtu, 06 Mar 2021 21:36 WIB
Arwana Super Red
Foto: Dok Pribadi/Edy-Komunitas Arowana Iseereds
Jakarta -

Salah satu ikan Arwana Indonesia yang terkenal adalah jenis Super Red. Jenis satu ini kabarnya mulai digemari masyarakat semenjak COVID-19.

"Semenjak pandemi ini, penjualan ikan cenderung naik, peningkatannya kira-kira 30-50%," ujar Pendiri Iseereds (Komunitas Arowana) Edy kepada detikcom ditemui di Pacific Place, Jakarta Selatan, Sabtu (6/3/2021).

Selain itu, jenis Arwana ini juga mencuri perhatian para public figure. Artis-artis ternama seperti Irfan Hakim hingga Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) disebut-sebut ikut mengoleksi jenis ikan asli Indonesia itu.

"Ada Irfan Hakim, Lucky Hakim yang kemarin ikut beli, bahkan pak Bamsoet juga," kata Edy.

Ikan Arwana jenis Super Red ini juga dilirik sampai ke luar negeri..

"Ekspornya selama pandemi juga naik, tapi saya lupa, yang jelas ada peningkatan, yang pasti kita sebagai salah satu penghasil atau penangkaran ikan Arowana itu merasakan penjualannya naik," kata Edy

China, menurut Edy, pemesanan terbanyak Arwana Super Red. Selain itu ada Singapura, Malaysia, Hong Kong, Jepang dan Filipina.

"Dari China paling banyak, dari beberapa negara-negara Asia tetangga kita permintaan akan ikan Arowana Super Red besar, cuma nggak banyak yang tau," tuturnya.

(hns/hns)