Di Depan Ratu Belanda, Sri Mulyani Buka-bukaan soal Bansos

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 08 Mar 2021 22:52 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati
Foto: Agung Pambudhy: Menkeu Sri Mulyani Indrawati
Jakarta -

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati hari ini menjadi pembicara di acara Women's World Banking 'Call to Action: Reaching Financial Equality". Acara yang juga dihadiri oleh Ratu Belanda Maxima Zorreguieta, Sri Mulyani menyampaikan bantuan-bantuan yang telah disalurkan pemerintah untuk rakyat Indonesia saat pandemi COVID-19.

Dalam paparannya Sri Mulyani mengungkapkan pemerintah menyalurkan bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat miskin di Indonesia. Kemudian pemerintah juga memberikan bantuan untuk pelajar dan guru dengan kuota internet.

"Ada bantuan untuk pelajar dan guru lewat kuota internet yang diberikan, karena proses belajar yang membutuhkan internet," kata Sri Mulyani dalam diskusi virtual tersebut, Senin (8/3/2021).

Sri Mulyani juga menyampaikan jika perempuan juga paling terdampak pandemi ini. Apalagi akses keuangan yang sulit. Menurut dia perempuan memiliki literasi keuangan yang rendah, karena itu pemerintah berupaya membantu menyelesaikan masalah ini dengan menyalurkan bantuan melalui sistem perbankan.

Sebelumnya Sri Mulyani sempat menyampaikan jika pandemi COVID-19 ini memberi banyak pelajaran untuk percepatan pengembangan teknologi digital akibat terbatasnya pertemuan fisik.

Ada banyak cara yang berubah termasuk ke usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yeng menuju ke penjualan digital. Di tengah perkembangan teknologi digital yang pesat.

(kil/hns)