Produksi Susu 6 Ton/Hari, Peternak Desa Bocek Hasilkan Puluhan Juta

Erika Dyah - detikFinance
Rabu, 10 Mar 2021 15:27 WIB
Provinsi Jawa Timur selama ini telah dikenal dengan potensi sapi perahnya, bahkan menjadi salah satu sentra sapi perah nasional.
Foto: Rengga Sancaya
Karangploso -

Provinsi Jawa Timur selama ini terkenal akan potensi sapi perahnya, bahkan telah menjadi salah satu sentra sapi perah nasional. Salah satu daerah yang juga menyumbang pasokan susu dari sapi perah adalah Desa Bocek, yang terletak di Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang.

Diketahui, unit sapi perah dari desa ini memiliki potensi dengan profit yang terbilang bagus. Bahkan menempati urutan dua teratas dari ranking keuntungan unit di KUD Karangploso.

Hal ini diungkap oleh Abdul Mujib, salah seorang pengawas KUD Karangploso. Ia menyampaikan, potensi dari sapi perah di Bocek bermula sejak tahun 1981. Dengan adanya bantuan koperasi dari Presiden berupa bantuan sapi perah, juga program sapi APBN.

Hingga kini, jumlah peternak sapi perah di Bocek kian bertambah setiap waktunya. Bahkan bisa menjadi pemasok bagi salah satu pabrik besar yang memproduksi berbagai produk susu yaitu Nestle.

"Nestle memang mitra kerja KUD Karangploso. Jadi dengan Nestle ada ikatan perjanjian yang diperbarui setiap tahun, ada pembaruan perjanjian jual beli itu. Jadi susu berapapun yang dihasilkan KUD Karangploso, Nestle siap menerima," jelas Mujib saat ditemui detikcom beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, Mujib menjelaskan bahwa stok susu dari KUD Karangploso diambil per hari oleh Nestle. Adapun untuk jumlahnya mencapai 6 ton per hari, yang dikumpulkan di pos penampungan susu desa pada pagi hari (06.15-07.15 WIB) dan sore hari (15.30-16.15 WIB) dengan rupiah yang disetorkan Rp 5600/liter.

Provinsi Jawa Timur selama ini telah dikenal dengan potensi sapi perahnya, bahkan menjadi salah satu sentra sapi perah nasional.Provinsi Jawa Timur selama ini telah dikenal dengan potensi sapi perahnya, bahkan menjadi salah satu sentra sapi perah nasional. Foto: Rengga Sancaya

Melihat melimpahnya potensi susu sapi perah dari Karangploso, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Malang, Pantjaningsih Sri Rejeki, turut berharap agar potensi susu dari sapi perah yang ada di wilayah ini dapat terus dikembangkan.

"Selain kita bisa mengembangkan produksi hasil sapi perah, kita juga mesti mengusahakan bagaimana susu yang melimpah itu bisa dijual tidak hanya susunya saja tapi juga sebagai olahan. Untuk tambah nilainya," jelasnya.

Untuk itu, Pantjaningsih menekankan kepada para peternak agar dapat memperhatikan kualitas kandang, kesehatan ternak, pakan, pemeliharaan, serta SDM dari para peternak itu sendiri.

detikcom bersama BRI mengadakan program Jelajah UMKM ke beberapa wilayah di Indonesia yang mengulas berbagai aspek kehidupan warga dan membaca potensi di daerah. Untuk mengetahui informasi lebih lengkap, ikuti terus beritanya di detik.com/tag/jelajahumkmbri.



Simak Video "Bunga Krisan Sidomulyo Yang Tetap Mekar di Era Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/hns)

Tag Terpopuler