Tolak Miskin

Podcast: Produk Asing Dibenci, Solusi atau Basa-basi?

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Kamis, 11 Mar 2021 09:15 WIB
Podcast: Produk Asing Dibenci, Solusi atau Basa-basi? (Bersama Bhima Yudhistira)
Foto: Tim Infografis/Denny Putra
Jakarta -

Seruan Presiden Jokowi untuk mencintai produk dalam negeri dan membenci produk asing bikin geger.Jokowi menyebutkan, kampanye cinta produk Indonesia dan benci produk luar negeri perlu digaungkan agar masyarakat benar-benar loyal dengan hasil karya dalam negeri.

Di satu sisi, kampanye benci produk asing dianggap akan mempengaruhi industri di Tanah Air. Masalahnya, saat ini masih banyak industri yang tergantung dengan impor, dari yang kecil hingga besar.

Pernyataan Jokowi lantas memancing banyak komentar dan dibicarakan di mana-mana. Apa makna yang sebenarnya ingin disampaikan Presiden Jokowi di balik pernyataan tersebut? Benarkah produk-produk Indonesia gagal menjadi tuan rumah di negeri sendiri?

Bersama pengamat ekonomi Bhima Yudhistira, Tolak Miskin mencoba menerawang maksud di balik pernyataan Presiden Jokowi dan bagaimana bentuk konkrit menuntaskan masalah ini. Dengarkan selengkapnya di episode terbaru podcast Tolak Miskin 'Produk Asing Dibenci, Solusi atau Basa-basi?' lewat widget di bawah ini atau temukan Tolak Miskin di Spotify.

(eds/eds)