Tergerus Rp 386 T Sepekan, Harta Elon Musk Bertambah Rp 360 T Sehari

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 11 Mar 2021 14:01 WIB
Elon Musk founder, CEO, and chief engineer/designer of SpaceX speaks during a news conference after a Falcon 9 SpaceX rocket test flight to demonstrate the capsules emergency escape system at the Kennedy Space Center in Cape Canaveral, Fla., Sunday, Jan. 19, 2020. (AP Photo/John Raoux)
Elon Musk/Foto: AP
Jakarta -

Miliarder dunia, Elon Musk sempat kehilangan puluhan miliar dolar minggu lalu. Namun hampir seluruh hartanya yang berkurang itu bisa kembali dalam satu hari berkat kenaikan harga saham Tesla yang naik 20% di perdagangan Selasa kemarin.

Mengutip CNN, Kamis (11/3/2021), berkat kenaikan saham Tesla itu, harta Elon Musk bertambah US$ 25 miliar atau sekitar Rp 360 triliun (kurs Rp 14.400) hanya dalam satu hari. Total kekayaan Elon Musk pun kembali mencapai US$ 174 miliar menurut Bloomberg Billionaires Index.

Kenaikan harta Elon Musk itu merupakan kenaikan yang paling tinggi dalam sehari. Pada minggu lalu Elon Musk kehilangan hartanya sekitar US$ 27 miliar karena saham Tesla yang anjlok.

Meski begitu menurut daftar orang terkaya di dunia versi Bloomberg Elon Musk masih duduk di posisi ke-2. Posisi pertama masih diduduki oleh CEO Amazon (AMZN) Jeff Bezos dengan total kekayaan bersih mencapai US$ 180 miliar.

Sementara Pendiri Microsoft (MSFT) Bill Gates tetap menjadi orang terkaya ketiga di planet ini dengan jumlah harta sebanyak US$ 137 miliar.

Sekadar informasi saham Tesla naik 743% pada tahun 2020. Hal itu membuat saham Tesla menduduki posisi ke-5 dalam daftar perusahaan paling berharga di pasar saham AS. Pada minggu-minggu awal Januari 2021 saham Tesla juga masih naik 25% lagi ke rekor penutupan tertinggi US$ 883,90 pada 26 Januari. Kemudian saham Tesla terkoreksi sekitar 25% sejak saat itu.

Meskipun Tesla terus menurun, kekayaan Elon Musk saat ini masih lebih besar dari tahun lalu.

(das/ara)