Tajir Banget! Keluarga Raja Salman Punya Harta Rp 21.000 Triliun

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 12 Mar 2021 10:16 WIB
FILE - In this Dec.10, 2019, file photo, Saudi King Salman talks during the 40th Gulf Cooperation Council Summit in Riyadh, Saudi Arabia. Saudi Arabias King Salman was discharged from a hospital in the capital, Riyadh, after more than a week following surgery to remove his gall bladder, the Royal Court said in a statement late Thursday, July 30, 2020. (AP Photo/Amr Nabil, File)
Foto: AP Photo/Amr Nabil, File
Jakarta -

Dinasti keluarga Saud yang menguasai Arab Saudi menjadi keluarga kerajaan terkaya di dunia. Bahkan, kerajaan ini disebut lebih kaya raya dibandingkan keluarga kerajaan Inggris.

Dilansir dari The Richest, Jumat (12/3/2021), keluarga Saud yang dipimpin Raja Salman memiliki kekayaan mencapai US$ 1,5 triliun. Bila dirupiahkan dalam kurs Rp 14.000 jumlah kekayaan keluarga ini mencapai Rp 21 kuadriliun (Rp 21.000 triliun).

Sebagai perbandingan, keluarga kerajaan Inggris cuma memiliki harta kekayaan sebesar US$ 88 miliar atau sekitar Rp 1,23 kuadriliun.

Keluarga kerajaan Arab Saudi ini memiliki anggota sekitar 15.000 orang, tetapi hanya 2.000 anggota saja yang memiliki sebagian besar kekayaan kerajaan.

Kekayaan kerajaan ini mulai berkembang sebagai bagian dari kekaisaran ini pada tahun 1700 sejak didirikan oleh Raja Abdulaziz bin Saud.

Harta sebesar itu didapatkan keluarga Saud dari pendapatan produksi minyak. Keluarga kerajaan mengontrol perusahaan minyak milik negara bernama Saudi Aramco.

Aramco adalah penghasil cadangan minyak mentah terbesar kedua, perusahaan ini merupakan penghasil minyak harian terbesar.

Kepemilikan aset terbanyak kekaisaran ini adalah milik Raja Salman bin Abdul Aziz Al-Saud, putra mahkota pewaris kerajaan Mohammad bin Salman, dan keponakannya Pangeran Alwaleed bin Talal.

Dengan kekayaan ini, keluarga Saud memiliki sederet istana megah. Raja Salman diketahui memiliki setidaknya empat istana megah nan mewah. Salah satu istananya adalah Istana Murabba yang memiliki 32 kamar dan sekitar tujuh halaman.

Istana kedua yang dimilikinya ini disebut Istana Al Yamama, memiliki sekitar 400 kamar. Ada lagi Istana Riyadh, istana ini juga merupakan markas kerajaan, dengan kamar-kamar yang memiliki lampu gantung yang indah dan dekorasi emas dan luar biasa karena delapan lantai marmernya.

Yang terakhir ada Istana Erga, yang terkenal dengan lantai mozaiknya yang menakjubkan dan ukiran unik di langit-langitnya yang tinggi dan dindingnya yang besar.

Simak video 'Aplikasi Corona di Arab, Orang yang Terinfeksi Bisa Terdeteksi':

[Gambas:Video 20detik]



(hal/zlf)