Tugas Askolani dari Sri Mulyani: Kejar Target-Berantas Penyelundupan

Hendra Kusuma - detikFinance
Jumat, 12 Mar 2021 11:38 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani (kiri) didampingi Wamenkeu Suahasil Nazara (kanan) mengikuti Rapat Kerja dengan Komisi XI di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (26/8/2020). Raker tersebut membahas Laporan Keuangan Kementerian Keuangan pada APBN 2019. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/aww.
Foto: ANTARAFOTO/PUSPA PERWITASARI
Jakarta -

Dirjen Bea dan Cukai Kementerian Keuangan, Askolani yang baru saja dilantik langsung mendapat tugas dari Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Tugasnya adalah mempertahankan kinerja penerimaan yang selalu mencapai target hingga memberantas penyelundupan.

Hal itu diungkapkan Sri Mulyani saat memberikan arahan usai melantik enam pejabat eselon I Kementerian Keuangan, Jumat (12/3/2021).

"Kepada pak Askolani sebagai Dirjen Bea Cukai, suatu tugas baru dan menantang, banyak reformasi yang sudah dilakukan di masa kepemimpinan pak heru," kata Sri Mulyani yang disiarkan oleh YouTube Kementerian Keuangan.

Dia meminta Askolani dapat melanjutkan program reformasi di tubuh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), serta memperkuat integritas, budaya organisasi, hingga pengeluaran kelembagaan.

"Selama 2020 mencapai target penerimaan negara, itu suatu prestasi, saya minta 2021 harus tetap dipertahankan, dan ini bukan langkah yang mudah," jelasnya.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini meminta Asklonai dalam mengoptimalkan penerimaan negara yang berasal dari kepabeanan dan cukai melalui ekstensifikasi dan intensifikasi, serta membangun data analitik yang dijadikan alat penerimaan negara bersama dengan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dan Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) Kementerian Keuangan.

"Saya akan terus meminta DJBC meningkatkan pelayanan dalam fasilitas perdagangan dan industri dalam rangka mendorong ekspor, di mana Kanwil memiliki tugas mendorong langkah ekspor Indonesia, serta terus melakukan perlindungan bagi perekonomian dan masyarakat berbagai ancaman penyelundupan," ungkapnya.

Simak juga video 'Cerita Sukses Sri Mulyani Pimpin Kemenkeu hingga Bank Dunia':

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2