ADVERTISEMENT

Terungkap! Tutorial Makeup Paling Diburu di Pelatihan Kartu Prakerja

Soraya Novika - detikFinance
Selasa, 16 Mar 2021 11:51 WIB
Daftar Prakerja
Foto: Daftar Prakerja (Tim Infografis Fuad Hasim)
Jakarta -

Teknik makeup natural menjadi program pelatihan paling diminati dari program Kartu Prakerja. Demikian menurut data yang dipaparkan oleh Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah dalam Rapat Kerja dengan Komisi IX DPR RI, BP2MI dan BPJS Ketenagakerjaan.

"Ini 10 program yang paling diminati ternyata teknik makeup natural itu paling tinggi peminatnya, kemudian ada juga self makeup, makeup untuk diri sendiri, ada teknik tata rias, jadi lebih banyak untuk kepentingan kompetensi diri," ujar Ida dalam rapat tersebut disiarkan secara virtual, Selasa (16/3/2021).

Namun, dengan catatan, pelatihan teknik makeup natural paling diminati peserta yang mendaftar melalui platform digital Sisnaker. Bukan, dari seluruh platform digital yang ada di program Kartu Prakerja. Dari total peserta Kartu Prakerja 2020 yang sebanyak 5,5 juta penerima, 586.049 orang di antaranya mendaftar pelatihan melalui platform digital milik pemerintah Sisnaker.

Adapun 10 program pelatihan yang paling diminati peserta program Kartu Prakerja di Sisnaker adalah teknik makeup natural yang menarik minat hingga 66.666 peserta, belajar bahasa Inggris sebanyak 55.136 peserta, pengenalan komputer, internet, Email dan Microsoft Word sebanyak 46.021 peserta, self makeup atau Teknik Tata Rias Dasar 45.933 peserta, sosial media marketing sebanyak 38.493 peserta.

Selanjutnya, pelatihan mengolah data numerik menggunakan Microsoft Excel termasuk makro dan pivot sebanyak 31.004 peserta, Youtube Content Creator sebanyak 24.250 peserta, teknik everyday makeup sebanyak 20.703 peserta, tata rias pengantin sebanyak 16.809 peserta, dan kursus menjahit sebanyak 15.373 peserta.

"Meskipun kalau kita lihat persentase terbesar kedua itu belajar bahasa inggris dan pengenalan komputer, dan seterusnya," ujarnya.

Tonton video 'Mau Daftar Program Kartu Prakerja? Simak Syarat dan Caranya di Sini':

[Gambas:Video 20detik]



(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT