Tak Ada Lagi Orang Miskin Ekstrem di RI Pada 2024, Bisa Tercapai?

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 17 Mar 2021 14:57 WIB
Pandemi COVID-19 yang mewabah pada 2020 juga berhubungan erat dengan angka kemiskinan yang terus naik di Indonesia khususnya di DKI Jakarta.
Ilustrasi/Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Pemerintah menargetkan angka kemiskinan ekstrem pada 2024 di level 0%, dengan kata lain sudah tidak ada lagi orang miskin kronis di Indonesia pada tahun tersebut. Apakah target tersebut bisa tercapai?

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menjelaskan, yang menarik mengenai kemiskinan kronis, yaitu selama ini telah dilakukan intervensi oleh pemerintah agar seseorang naik kelas dari kategori miskin menjadi tidak miskin. Tapi yang tercapai masih jauh dari target.

"Targetnya seharusnya (graduasinya) 3 tahun tetapi yang terjadi itu rata-rata 6 tahun sekarang ini, dan yang sukses itu baru 28-34%. Jadi selebihnya Itu belum lulus," kata dia dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI, Rabu (17/3/2021).

Kunci untuk mempercepat hal tersebut, menurutnya intervensi yang sudah dilakukan harus perbaiki dengan meningkatkan produktivitas.

Dia menjelaskan bahwa kemiskinan sebenarnya menunjukkan tingkat produktivitas yang rendah, baik secara teritorial semisal tingkat desa, kabupaten/kota dan provinsi, maupun perorangan.

"Jadi orang ini tingkat produktivitas rendah, kalau rendah itu karena apa? Nah itu yang sudah kami susun sebuah master plan untuk mengatasi ini dengan pendekatan baru secara teritorial, di mana semua intervensi pemerintah akan kita coba arahkan," jelasnya.

Dia menerangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan langsung untuk membuat masterplan dalam rangka mengatasi kemiskinan ekstrem.

"Jadi supaya benar-benar mereka bisa lolos dan lulus, dan kemudian kita bisa mengurangi kemiskinan kronis ini sehingga pada tahun 2024 kita bisa nol atau sekurang-kurangnya tinggal 3 juta," tambah Suharso.

Simak juga Video "Food Estate di Sumba Tengah, Jokowi: 34% Kemiskinan Ada Di Sini":

[Gambas:Video 20detik]



(toy/ara)