Lagi Pandemi, Bisnis Bimbel CPNS Online Menjamur!

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 17 Mar 2021 15:58 WIB
Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Surabaya menggelar Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS Tahun Anggaran 2019. Puluhan peserta yang reaktif mengikuti ujian di bilik khusus.
Ilustrasi/Foto: Deny Prastyo Utomo
Jakarta -

Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 akan dibuka pada bulan depan. Syarat-syarat sudah harus disiapkan oleh para calon pendaftar.

Untuk seleksi ini, ada serangkaian tahapan yang harus dilalui oleh para peserta. Misalnya mulai dari seleksi administrasi, seleksi kompetensi dasar, seleksi kompetensi bidang (SKB), integrasi nilai, pengumuman kelulusan sampai pemberkasan.

Nah untuk menghadapi seleksi kompetensi ini, selain belajar sendiri biasanya peserta mengikuti layanan bimbingan belajar alias bimbel dari lembaga-lembaga yang memang sudah menjalankan kegiatan ini sebelumnya. Namun karena masa pandemi, layanan bimbel ini kini ramai dilakukan via daring atau online.

Mengutip laman resmi bimbelcpns.com, bimbel ini memberikan pelajaran atau latihan soal-soal CPNS untuk seleksi kompetensi.

Kemudian juga ada layanan tryout online berbasis CAT untuk simulasi tes SKD. Bimbel ini juga memberikan garansi uang bisa kembali 100% tanpa potongan jika peserta tidak lulus di tahap SKD. Ada syarat dan ketentuan untuk mendapatkan garansi ini.

Kemudian dari laman resmi ayocpns.com, menawarkan evaluasi real time dan detail untuk mengukur sejauh mana tingkat pemahaman peserta terhadap suatu materi. Bimbel CPNS ini juga menyesuaikan materi dan latihan soal untuk persiapan menghadapi ujian.

Selanjutnya dari indonesiacollege.co.id disebutkan jika bimbel biasanya juga menggunakan pengajar profesional di tingkat S1/S-2/dosen UI dan UGM yang berkompeten.

Simak juga Video: Siap-siap! CPNS Dibuka April-Mei, Ini Formasinya

[Gambas:Video 20detik]



(kil/eds)