Pelni Gratiskan Bagasi 40 Kilogram Per Orang

Tim detikcom - detikFinance
Kamis, 18 Mar 2021 10:39 WIB
KM Egon milik PT PELNI mengakut 691 koli barang bantuan kemanusiaan bagi korban bencana di Kalsel dan Sulbar dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.
Foto: dok. Pelni
Jakarta -

PT Pelni (Persero) kini memberikan fasilitas free bagasi hingga 40 kilogram per penumpang. Pjs. Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni Opik Taupik mengatakan free bagasi 40 kg tersebut berlaku sejak Januari 2021.

"Sebagai Perusahaan penyedia jasa transportasi, sudah menjadi kewajiban PELNI untuk menghadirkan layanan yang terbaik kepada seluruh pengguna jasa kami," terang Opik dalam keterangannya, Kamis (18/3/2020).

Sesuai peraturan, Pelni mewajibkan pengukuran dimensi dan berat terhadap barang bawaan penumpang.

"Saat proses verifikasi tiket dilakukan, petugas kami juga melakukan pengecekan dimensi dan berat terhadap barang bawaan penumpang. Untuk penumpang yang membawa barang bawaan dengan ukuran dan berat melebihi ketentuan maka akan dianggap sebagai muatan (cargo)," tambahnya.

Berdasarkan peraturan Perusahaan terkait barang bawaan penumpang kapal, Pelni memberikan layanan bebas biaya hingga 40 kg dengan dimensi barang bawaan maksimum 70 x 40 x 35 cm atau volume barang setara 0,1 m3. Adapun bagasi yang diijinkan dimuat di atas kapal antara lain :
1. Koper dan tas tangan
2. Tas jinjing dan sejenisnya (termasuk 1 set stik golf)
3. Portable electronic
4. Barang keperluan sehari-hari selama berada di kapal
5. 1 set sepeda lipat atau 1 set sepeda anak
6. Kursi roda atau kereta bayi
7. Barang keperluan pribadi yang sesuai dengan berat dan dimensi selain bagasi yang tidak diijinkan Pelni.

Lanjut ke halaman berikutnya.