Trenggono Jamin Stok Ikan Aman untuk Ramadhan dan Lebaran

Trio Hamdani - detikFinance
Kamis, 18 Mar 2021 13:53 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono kunjungan kerja di Kampung Garam, Kebumen, Jawa Tengah
Foto: Rinto Heksantoro/detikcom: Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono
Jakarta -

Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Sakti Wahyu Trenggono menjamin stok ikan aman untuk kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri 2021. Bahkan masih ada surplus 173.500 ton.

Dia menyebut perkiraan kebutuhan ikan selama Ramadhan dan Idul Fitri, yaitu di bulan April-Mei 2021 sebesar 2.522.500 ton. Sementara itu prognosa ketersediaan ikan sebesar 2.696.000 ton.

"Dengan demikian prognosa pasokan ikan diperkirakan cukup untuk memenuhi kebutuhan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri," kata Trenggono dalam rapat kerja dengan Komisi IV DPR RI, Kamis (18/3/2021).

Pihaknya memperkirakan permintaan ikan akan meningkat di minggu pertama puasa, kemudian akan stabil di minggu kedua hingga menjelang lebaran. Permintaan akan menurun pada saat lebaran.

Dia melanjutkan, permintaan ikan di tiap-tiap daerah berbeda. Itu dipengaruhi oleh makanan khas dan tradisi di masing-masing daerah.

"Permintaan ikan di beberapa daerah berbeda komoditasnya, terutama untuk komoditas yang menjadi makanan khas daerah tersebut atau terdapat tradisi untuk konsumsi jenis-jenis ikan tertentu," tambah Trenggono.

Simak juga Video: 3 Bulan Pimpin KKP, Menteri Trenggono: Kandungan Laut Kita Luar Biasa

[Gambas:Video 20detik]



(toy/fdl)