Lansia di Kabupaten Bekasi Bisa Ikut Vaksinasi di Meikarta

Soraya Novika - detikFinance
Kamis, 18 Mar 2021 17:07 WIB
KPU bekerjasama Kementerian Kesehatan menggelar vaksinasi COVID-19 tahap pertama di lingkungan kerja.
Ilustrasi Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Para warga Lansia ber-KTP Kabupaten Bekasi bisa ikut vaksinasi COVID-19 di Meikarta.

"Ini merupakan kerja sama Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi dengan RS Siloam Lippo Cikarang" kata CMO Meikarta, Lilies Surjono, Dalam keterangan tertulis, Kamis (18/3/2021).

Menurutnya, proses vaksinasi telah melalui protokol kesehatan (Prokes) yang ketat, dengan menjaga jarak dan tidak berkerumun.

Direktur RS Siloam Lippo Cikarang dr Albert Limanto mengatakan pendaftaran untuk ikut vaksinasi dilakukan secara digital melalui Aplikasi My Siloam, mengisi formulir secara 'online', lalu membawa bukti pengisian formulir ke registrasi.

"Setelah itu langsung di-'screening' dan pemberian vaksinasi, lalu observasi 30 menit. Jadwal appointment penyuntikan pun telah diatur berbeda jam, agar tertib dan tidak terjadi penumpukkan," jelasnya.

Syarat mengikuti proses vaksinasi tersebut, lanjut Albert, sesuai dengan ketentuan yang sudah disebutkan pihak Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Namun khusus kali ini, menurutnya, peserta vaksinasi ialah lansia berusia 60 tahun ke atas dan dengan KTP Kabupaten Bekasi.

"Satu lagi dari kami, bahwa Siloam men-support seluruh tenaga kesehatan (Nakes) yang bertugas untuk penyuntikan dan screening, sampai observasi," ujarnya lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi, dr Sri Enny Mainarti, juga mengungkapkan, kegiatan vaksinasi COVID-19 umum (bagi Lansia) ini merupakan yang pertama dilakukan di Kabupaten Bekasi.



Simak Video "Ratusan Pedagang Pasar di Bandung Ikuti Vaksinasi"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/ang)