Coba Tebak, Negara Mana yang Punya Gunung Emas Terbesar?

Soraya Novika - detikFinance
Kamis, 18 Mar 2021 21:45 WIB
Gold bars sitting over a bar graph. Selective focus. Horizontal composition with copy space. Stock market and finance concept.
Ilustrasi Cadangan Eams (Foto: iStock)
Jakarta -

Belakangan temuan gunung emas di Kongo bikin geger dunia setelah viral di jagat media sosial. Viralnya gunung emas itu datang dari desa Luhihi, Provinsi Kivu Selatan, Kongo. Tempatnya berada di sekitar 50 km dari ibu kota provinsi, Bukavu lewat Twitter.

Dilansir dari berbagai sumber, video menunjukkan penduduk setempat berkerumun, menggali tanah, dan memindahkannya ke dalam kantong.

Video itu diunggah oleh Ahmad Algohbary, seorang jurnalis lepas, di Twitter. Dia bilang video itu bukan rekaman yang diambil olehnya, namun dia yakin itu terjadi di Kongo belum lama ini.

"Sebuah video dari Republik Kongo mendokumentasikan kejutan terbesar bagi beberapa penduduk desa di negara ini, ketika seluruh gunung yang dipenuhi dengan emas ditemukan! Mereka menggali tanah untuk menemukan emas dan membawanya ke rumah mereka untuk membersihkan kotoran dan mengekstraksi emasnya," kata Ahmad Algohbary, seorang jurnalis lepas yang membagikan video viral itu di Twitter.

Fenomena itu bikin publik jadi bertanya-tanya, apakah dengan ditemukannya gunung emas di Kongo lantas bisa membuat negara itu jadi negara kaya?

Ternyata, tidak begitu konsepnya. Negara yang kaya berkat emas itu tidak diukur dari seberapa banyak emas yang dimiliki saja, melainkan dari cadangannya.

Bila mengacu itu, ternyata Kongo belum termasuk 10 besar negara dengan cadangan emas terbanyak di dunia. Lalu, siapa negara yang punya cadangan emas terbanyak di dunia?

Penasaran? Buka halaman selanjutnya.



Simak Video "Harga Emas Masih Loyo Minggu Ini"
[Gambas:Video 20detik]