Menkes: Ekonomi Kita Susah Dalam 2 Tahun Terakhir

Hendra Kusuma - detikFinance
Jumat, 19 Mar 2021 11:59 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin
Foto: detikcom
Jakarta -

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan ekonomi Indonesia mengalami masa-masa yang sulit selama 2 tahun terakhir. Kondisi itu ditambah lagi dengan adanya pandemi COVID-19 yang terbukti berdampak ke banyak sektor.

Menurut Budi, pandemi COVID yang terjadi sangat berdampak pada laju pertumbuhan ekonomi nasional.

"Saya cerita sedikit mengenai pandemi, karena ada hubungannya dengan ekonomi, dan besar kaitannya dengan membuat ekonomi kita susah dalam 2 tahun terakhir," jelas Budi Gunadi dalam acara Rakor BLU 2021 secara virtual, Jumat (19/3/2021).

Perekonomian Indonesia, dikatakan Budi masih bisa bangkit dan normal kembali jika penanganan pandemi COVID-19 bisa direalisasikan. Penanganan pandemi, menurutnya sangat mudah jika semua masyarakat disiplin menjalankan protokol kesehatan.

Pandemi, dikatakan Budi sebetulnya sudah pernah terjadi sejak lama dan hasilnya bisa ditangani dengan cara-cara membuat protokol yang baru. Untuk masalah COVID, kunci untuk menyudahi pandemi adalah menurunkan laju penularan.

"Pandemi ini sudah sering dialami manusia, di sejak tahun 1500 sudah terjadi, untuk setiap pandemi bagaimana mengatasinya pun kita sudah tahu, tujuannya satu adalah bagaimana kita bisa mengurangi laju penularan," katanya.

Dengan mengurangi laju penularan, Mantan Bos Bank Mandiri ini mengatakan membuat fasilitas kesehatan seperti rumah sakit dapat menampung dan menangani masyarakat yang tertular. Hal itu juga menjadi permasalahan yang dialami oleh Indonesia, di mana jumlah yang tertular sudah melebihi kapasitas fasilitas kesehatan yang ada.

"Jadi buat teman-teman, bagaimana cara menghadapi pandemi, kita harus menurunkan laju penularan, agar jumlah orang yang tertular itu masih dalam cakupan atau kemampuan fasilitas kesehatan kita untuk melayani. Dengan cara apa nanti saya akan cerita, tapi tujuannya hanya satu yaitu mengurangi laju penularan," ungkapnya.

Simak juga video 'Airlangga Klaim Pemulihan Ekonomi RI Selama Pandemi Covid-19 Telah V-Shape':

[Gambas:Video 20detik]



(hek/eds)