Daftar 23 Stasiun Penyedia Layanan Tes GeNose

Soraya Novika - detikFinance
Sabtu, 20 Mar 2021 20:30 WIB
Uji pemeriksaan COVID-19 dengan metode GeNose kini tersedia di Stasiun Gambir, Jakarta. es GeNose ini sebelumnya digunakan di Stasiun Pasar Senen.
Foto: Deny Prastyo Utomo
Jakarta -

Tes Corona lewat embusan napas dengan alat GeNose C19 diperluas lagi ke beberapa stasiun. Mulai Sabtu (20/3/2021), Tes Genose diperluas ke stasiun Bekasi, Kiaracondong, Cirebon Prujakan, Tegal, Kutoarjo, dan Lempuyangan.

Kemudian Stasiun Semarang Poncol, Jombang, dan Sidoarjo. Sebelumnya sudah ada 14 stasiun melayani Tes GeNose, yaitu Stasiun Pasar Senen, Gambir, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, Malang, Jember, dan Ketapang.

Kini totalnya ada 23 stasiun melayani Tes GeNose.

"Untuk Area DAOP 1 Jakarta sudah ditambah di Stasiun Bekasi dan tentunya semuanya akan terus ditingkatkan secara bertahap," terang Kahumas PT Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP 1 Jakarta Eva Chairunisa

Soal biaya tes GeNose yang naik dari Rp 20 ribu menjadi Rp 30 ribu, menurut Eva, sudah melewati kajian. Salah satunya penambahan teknologi untuk mengecek hasil tes GeNose

"Jadi untuk dapat melihat hasil tes GeNose mereka sudah dapat memindai langsung melalui ponselnya dengan sistem barcode, jadi mereka tidak perlu lagi menunggu hasil manual, nanti pada saat mereka melakukan transaksi di awal akan diberikan barcode, nah barcode ini yang nanti akan dipindai pada saat mereka melakukan boarding atau pun bisa juga kalau misalnya mereka berangkat satu atau dua hari lagi dan mereka ingin tau hasilnya calon pengguna bisa memindai barcode melalui ponselnya," terang Eva.

(hns/hns)