Gurita Bisnis Jay-Z: Dari Musik Sampai Ganja

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Minggu, 21 Mar 2021 11:25 WIB
Jay-Z
Foto: dok. Ethan Miller/Getty Images
Jakarta -

Jay-Z merupakan seorang rapper, pencipta lagu dan produser musik kenamaan di dunia. Forbes bahkan pernah menobatkan Jay-Z sebagai penyanyi terkaya di dunia.

Memang, setelah menguasai dunia musik, Jay-Z mulai menjalankan bisnis untuk mencari pundi-pundi cuan dari sumber lain.

Ada banyak bisnis yang dijalankan oleh Jay-Z antara lain:

Music Mogul: Roc-A-Fella Records

Dia mengawali karirnya di dunia musik. Dari tur dunia, penjualan tiket dan merchandise Jay-Z bisa meraih jutaan dolar AS. Lagu-lagu yang dirilisnya terus memecahkan rekor bahkan setelah bertahun-tahun diluncurkan.

Single pertama yang dkeluarkan oleh Jay-Z pada 1995 tak membuahkan hasil. Kemudian bersama rekannya Damon Dash dan Kareem Burke dia membangun label rekaman Roc-A-Fella dan mulai merilis musiknya sendiri ke pasaran.

Sejak saat itulah keberuntungan selalu menghampiri, kesuksesan satu demi satu datang. Banyak penyanyi yang berada di bawah label tersebut dan lagu yang mereka ciptakan meledak di pasaran.

Punya Saham di Uber

Uber adalah salah satu layanan transportasi online yang populer di dunia. Tapi tahukah kamu sebelum aplikasi ini booming dan Uber menjadi kebutuhan orang di seluruh dunia Jay-Z sudah berinvestasi di perusahaan tersebut.

Di Uber Jay-Z berinvestasi sekitar US$ 22 juta. Menurut BizJournals, Uber saat ini bernilai lebih dari US$ 66 miliar dan saham Jay-Z diperkirakan sudah mencapai US$ 70 juta.

Roc Nation

Kepiawaiannya dalam berinvestasi membuat Jay-Z juga ingin mendirikan perusahaan untuk membantu perusahaan-perusahaan rintisan. Maka dibentuklah Roc Nation yang membidik pengembangan bisnis, pembimbingan usaha dan penasehat bisnis. Menurut Fast Company, Portofolio investasi Jay-Z bernilai lebih dari US$ 200 juta pada 2020 dan diproyeksi akan terus meningkat.

Selanjutnya
Halaman
1 2