Tips Nabung Emas Buat Biaya Sekolah Anak

Trio Hamdani - detikFinance
Minggu, 21 Mar 2021 18:59 WIB
Ilustrasi emas batangan
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Para orang tua harus mempersiapkan biaya pendidikan untuk anak-anaknya. Jika tak dipersiapkan secara baik, bisa-bisa kewalahan sendiri untuk membiayai anak sekolah. Nah, dana pendidikan dapat dipersiapkan dengan berbagai cara, salah satunya adalah investasi emas atau lebih umum dikenal dengan istilah nabung emas. Bagaimana caranya?

Co-Founder & CMO IndoGold Indra Sjuriah menjelaskan bahwa dibutuhkan strategi yang tepat dalam berinvestasi emas untuk dana pendidikan.

"Idealnya dana pendidikan anak dipersiapkan dari jauh hari, misalnya saat masa kehamilan sehingga dana yang dikumpulkan dapat mencakup jenjang pendidikan yang tinggi," kata dia melalui keterangan tertulis, Minggu (21/3/2021).

"Dengan jangka waktu yang panjang, maka dalam mengumpulkan dana pendidikan anak dapat menggunakan emas sebagai investasi. Prospek investasi emas masih sangat menjanjikan untuk ke depannya. Tentunya dengan menerapkan beberapa strategi sehingga dana yang dibutuhkan dapat tercukupi di masa mendatang," paparnya.

Bagi para orangtua yang ingin berinvestasi emas untuk dana pendidikan anak, ada beberapa tips yang dia bagikan, yaitu sebagai berikut:

1. Menghitung biaya pendidikan saat ini

Kata Indra, langkah pertama dalam menyiapkan dana pendidikan adalah menghitung biaya pendidikan yang dibutuhkan. Para orangtua dapat mengumpulkan berbagai informasi biaya sekolah yang ingin dipilih.

Anda dapat menghitung dana yang dibutuhkan, mulai dari uang pangkal dan spp bulanan, misalnya untuk kebutuhan pendidikan SD dan SMP dibutuhkan sekitar Rp 100 juta.

2. Menghitung biaya pendidikan yang dibutuhkan di masa mendatang

Dia mengingatkan bahwa biaya pendidikan terus mengalami kenaikan setiap tahun, dengan rata-rata 10% per tahun. Jika Anda memiliki waktu 5 tahun dalam mengumpulkan biaya dengan jumlah Rp 100 juta, maka dana yang dibutuhkan sesungguhnya di masa mendatang adalah Rp 161,051,000.

3. Mengkonversikan biaya pendidikan dengan jumlah gramasi emas

Untuk mengetahui seberapa besar emas yang dibutuhkan dari biaya yang telah dihitung di masa mendatang, dijelaskannya maka Anda dapat mengonversikan biaya tersebut dengan harga emas saat ini.

Harga emas logam mulia per 18 Maret 2021 adalah Rp 935,000 sehingga untuk kebutuhan dana pendidikan di atas dibutuhkan emas setara dengan 172,25 gram. Dengan demikian, selama 5 tahun Anda harus menabung emas secara rutin per bulannya sekitar 2,9 gram.

4. Disiplin dengan tujuan yang ingin diraih

Setelah mengetahui dengan jelas biaya yang dibutuhkan di masa mendatang, lanjut dia, disiplin dalam menabung emas merupakan kunci utama agar pendidikan anak di masa depan dapat terjamin. Dibutuhkan pula perencanaan keuangan yang tepat sehingga dana yang disisihkan untuk tujuan pendidikan anak tidak menggangu arus kas rumah tangga.



Simak Video "Harga Emas Masih Loyo Minggu Ini"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/dna)