Viral Video Mobil Pakai Stiker buat Bayar Tol, Ini Kata Jasa Marga

Vadhia Lidyana - detikFinance
Senin, 22 Mar 2021 16:07 WIB
Sinergi BUMN yang terdiri dari PT Jasa Marga Tbk (JSMR) bersama 4 Bank BUMN melaunching e-Payment Toll. Kini Bayar tol bisa pakai e-Money 4 Bank tersebut.
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Beredar sebuah video di aplikasi pesan singkat WhatsApp yang menunjukkan pemasangan stiker RFID untuk bayar tol nirsentuh (touchless) di gerbang-gerbang tol yang dikelola PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Stiker RFID tersebut dipasang di sebuah mobil Mitsubishi Pajero.

Dalam video tersebut, seorang anggota Klub Pajero Indonesia ONE (PI.ONE) sedang memperlihatkan pemasangan stiker di lampu depan mobil atau headlamp oleh seorang teknisi aplikasi FLO.

FLO adalah aplikasi yang dikembangkan anak usaha Jasa Marga yakni PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO), yang menggandeng PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) atau yang lebih dikenal dengan LinkAja. Nantinya, transaksi di tol Jasa Marga tanpa sentuh atau membuka kaca mobil dengan stiker RFID bisa dilakukan jika pengguna sudah memiliki aplikasi FLO, dan sudah mengisi saldo melalui LinkAja untuk transaksi tol.

Corporate Communication Department Head Jasa Marga Irra Susiyanti mengonfirmasi video tersebut. Irra mengatakan, Jasa Marga memang sedang melakukan uji coba terbatas penerapan bayar tol tanpa sentuh dengan stiker RFID. Ia menegaskan, stiker RFID tersebut belum diperjualbelikan secara bebas. "Saat ini FLO masih tahap uji coba. Belum diperjualbelikan bebas," ungkap Irra kepada detikcom, Senin (22/3/2021).

Uji coba tersebut dilakukan di ruas tol Bali Mandara, Jagorawi, lingkar luar Jakarta atau Jakarta Outer Ring Road (JORR), dalam kota, Jakarta-Tangerang (Janger), dan Jakarta-Cikampek (Japek). Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru mengatakan, ada 50 gerbang tol yang sedang diujicobakan penerapan FLO.

"Belum bisa. Itu masih uji coba terbatas. Uji coba Jasa Marga dilakukan di kurang lebih total 50 gerbang di jalan tol Jabotabek dengan di Bali Mandara," jelas Heru.

Sampai kapan uji coba bayar tol ini dilakukan? klik halaman berikutnya.