Upaya Shopee untuk Cetak Lebih Banyak Eksportir Tanah Air

Yudistira Imandiar - detikFinance
Selasa, 23 Mar 2021 10:46 WIB
shopee
Foto: shopee
Jakarta -

Program Kampus Shopee dijalankan Shopee Indonesia untuk memacu perkembangan UMKM di Indonesia. Dalam program tersebut, Shopee memberikan pelatihan dan pendampingan bisnis kepada para pelaku UMKM.

Kepala Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintahan Shopee Indonesia Radityo Triatmojo menyampaikan pihaknya berkomitmen untuk turut serta mendorong perputaran roda ekonomi Indonesia. Program-program yang dijalankan Shopee tidak hanya berorientasi untuk meningkatkan layanan berbelanja online masyarakat Indonesia, tetapi juga untuk mendukung keberlangsungan para pelaku UMKM binaan, salah satunya melalui program ekspor.

"Para UMKM binaan kami diedukasi, dilatih, dan didampingi secara bertahap untuk dapat melakukan ekspor ke luar Indonesia, khususnya ke negara-negara Shopee beroperasi. Lebih dari itu, guna menjangkau potensi UMKM secara luas, kami juga mendukung program Sekolah Ekspor untuk mewujudkan terciptanya 500.000 eksportir hingga tahun 2030 nantinya," papar Radityo dalam keterangan tertulis, Senin (22/3/2021).

Para pelaku UMKM binaan Shopee yang menjadi eksportir mengikuti berbagai program pelatihan dan pendampingan. Proses pelatihan dibuat berjenjang melalui beberapa tahapan sebagai berikut.

1. Tahap Pendaftaran dan Pembekalan

Pada tahap ini calon penjual harus mendaftar terlebih dahulu untuk mengaktivasi toko dan operasionalnya di Shopee. Mereka juga mendapatkan edukasi dan pelatihan terkait kegiatan ekspor.

Edukasi dan pelatihan diberikan melalui program Kampus Shopee, untuk penjual yang telah terdaftar dan lolos seleksi atas kriteria. Kemudian, penjual akan didampingi lebih lanjut dalam pelatihan program ekspor guna on boarding ekspor di aplikasi Shopee.

2. Tahap Lanjutan: Onboard Program Ekspor Shopee Indonesia

Pada tahap lanjutan ini para pengusaha diberikan edukasi, pelatihan, dan pendampingan ekspor untuk dapat melakukan program ekspor Shopee secara efektif. Mereka diedukasi terkait sistematika dan mekanisme proses ekspor produk di Shopee Indonesia.

Adapun Materi yang diberikan meliputi beberapa hal. Ada seminar dengan Seller Education Hub (SEH) untuk meningkatkan keberlangsungan ekspor, agar para penjual memahami seluk beluk kegiatan ekspor melalui Shopee Indonesia. Para penjual juga diberikan pemaparan mengenai hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam mengekspor barang. Mereka diajarkan mengoperasikan sistem ekspor, memelihara sistem operasional toko, proses ekspor, hingga memelihara sistem persediaan produk.

Pembekalan lainnya, yakni edukasi dan pelatihan terkait ketentuan dan kebijakan operasional ekspor untuk produk jual yang telah memenuhi syarat di quality control. Mereka juga diberikan pemahaman mengenai sistem pengiriman produk ke Gudang Shopee Indonesia untuk diekspor ke negara tujuan yang sesuai dengan transaksi pembeli di luar Indonesia. Hal ini bertujuan agar para penjual bisa melakukan kegiatan ekspor secara efektif dan dipercaya oleh para pembeli di berbagai negara tujuan.

Setelah mendapatkan pembekalan,Shopee akan mendampingi para penjual untuk mengaktifkan toko di luar negeri. Setelah toko aktif, para penjual bisa menerima pesanan dari konsumen mancanegara, dan meningkatkan pendapatan tokonya.

Radityo menambahkan untuk mendukung keberlangsungan dari Program Ekspor untuk para penjual, Shopee Indonesia juga memberikan beberapa bentuk dukungan, antara lain.

1. Program Sekolah Ekspor

Program ini merupakan hasil kerja sama asosiasi pemerintahan gabungan antara Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) dengan Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (SMESCO). Program Sekolah Ekspor ini memiliki visi untuk menjangkau potensi UMKM yang lebih luas dengan mewujudkan 500 ribu eksportir di tahun 2030.

2. Kerja Sama dengan Bank Indonesia

Kerja sama ini bertujuan untuk mendukung UMKM binaan yang akan diberikan edukasi dan pelatihan ekspor guna dapat secara efektif onboard di Shopee Indonesia.

3. Kampanye Tematik Shopee

Keberlangsungan bisnis para UMKM binaan ini juga turut didukung dengan keikutsertaan dalam berbagai kampanye-kampanye tematik Shopee, seperti salah satunya adalah kampanye Shopee 4.4 Mega Shopping Day yang sedang berlangsung saat ini dengan berbagai rangkaian penawaran terbaik untuk para pengguna.

"Harapan ke depannya melalui Pelatihan Program Ekspor ini, para pelaku UMKM binaan kami maupun publik dapat melakukan ekspor secara efektif untuk mencakup jangkauan yang lebih luas guna mendukung keberlangsungan bisnisnya bersama Shopee," ungkap Radityo.

Untuk saat ini, calon penjual ekspor dapat mendaftarkan dirinya secara langsung ke Shopee Indonesia melalui tautan ini dan/atau mengikuti proses edukasi kurikulum program Sekolah Ekspor sebelum mengikuti serangkaian program ekspor di Shopee Indonesia kemudian.



Simak Video "Pengalaman Anya Geraldine Pakai Uang Elektronik di Masa Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)