Kapan Gelombang 16 Prakerja Dibuka? Ini Jawabannya

Puti Yasmin - detikFinance
Selasa, 23 Mar 2021 16:18 WIB
Pelatihan Prakerja
Foto: Pelatihan Prakerja (Tim Infografis Fuad Hasim)/Kapan Gelombang 16 Prakerja Dibuka? Ini Jawabannya
Jakarta -

Pemerintah akan segera membuka program Kartu Prakerja gelombang 16. Hal ini merupakan kelanjutan dari penutupan Prakerja gelombang 15 yang baru ditutup pada Minggu (21/3) kemarin.

Dalam akun Instagram resminya, Kartu Prakerja menjelaskan bahwa pengumuman peserta yang lolos seleksi akan diinformasikan melalui SMS. Sehingga, nomor yang didaftarkan harus aktif.

"Peserta yang lolos akan mendapat SMS pemberitahuan ke nomor yang terdaftar pada akun Prakerja milik Sobat! Pastikan nomor tersebut aktif dan jangan mengganti nomor HP," bunyi informasi tersebut.

Kapan Prakerja Gelombang 16 Dibuka?

Menurut Head of Communication Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja Louisa Tuhatu, Prakerja gelombang 16 akan dibuka pada bulan Maret ini. Adapun, kuotanya adalah lebih dari 300 ribu orang.

Kuota sebanyak 300 ribu orang merupakan sisa dari target pemerintah, yakni 2,7 juta orang. Sebab, di Prakerja gelombang 15 diketahui sudah ada 2,4 juta orang yang lolos sebagai penerima manfaat.

"Betul (dibuka bulan ini). Karena dengan gelombang 15, maka sudah akan ada 2,4 juta penerima Kartu Prakerja," jelas dia kepada detikcom, Kamis (18/3/2021).

Namun, kata Louisa, pihaknya akan memantau lagi para peserta dari gelombang sebelumnya. Bila tidak memanfaatkan insentif yang digunakan, maka kepesertaan akan dicabut dan diberikan pada gelombang lain.

"Betul. Tapi, kami terus memantau berapa orang yang akan dicabut kepesertaannya (Kartu Prakerja) karena tidak membeli pelatihan pertama dalam waktu 30 hari sejak ditetapkan sebagai peserta Kartu Prakerja," tutup dia.

Simak Video: Mau Daftar Program Kartu Prakerja? Simak Syarat dan Caranya di Sini

[Gambas:Video 20detik]





Simak Video "Mau Daftar Program Kartu Prakerja? Simak Syarat dan Caranya di Sini"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)