Panen Perdana Food Estate di Sumut, Luhut: 12% Belum Bagus

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 24 Mar 2021 15:50 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meninjau kawasan food estate di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara,
Foto: Dok. Kementan
Jakarta -

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan melakukan panen perdana komoditas kentang di food estate Humbang Hasundutan di Sumatera Utara. Luhut menilai panen yang dilakukan memberikan hasil kentang yang cukup baik.

"Kita sudah melakukan kegiatan panen. Hasil dari panen tadi menurut Pak Syahrul Yasin Limpo (Menteri Pertanian) itu di atas rata-rata nasional, jadi hasilnya sangat baik padahal itu baru panen musim tanam pertama," kata Luhut dalam keterangannya, Rabu (24/3/2021).

Dia menjabarkan lebih dari 70% kentang yang sudah dipanen memiliki kualitas rata-rata nasional. Namun, masih ada 12% hasil panen yang masih buruk.

"Bahwa mungkin ada yang tidak terlalu berhasil, Pak Syahrul mengatakan ada 12% yang belum terlalu bagus. Tapi 70% itu sudah rata-rata nasional, sehingga jika diambil rata-rata tetap lebih bagus hasil panen perdana ini," kata Luhut.

Dia mengatakan pemerintah menargetkan 4.000 hektare tanah akan digarap jadi food estate tahun depan. Tahun ini tanah yang akan digarap mencapai 1.000 hektare.

"Kami bekerja keras untuk itu, kalau ini jadi semua kita berharap tahun ini 1.000 hektare yang akan digarap. Kemudian land clearing di lahan 1.500 hektar dan kita berharap tahun depan bisa lebih dari 3.500-4.000 hektar yang telah terolah," jelas Luhut.

Luhut juga menyampaikan jika semua upaya dan rencana yang dicanangkan berjalan lancar maka diperkirakan pada 2024 akan ada 20.000 hektar lahan yang tergarap.

Dalam kunjungan itu, dilakukan juga nota kesepahaman dalam rangka pemasaran hasil food estate. Sudah ada offtaker atau pihak pembeli yang ditunjuk untuk memasarkan produk food estate.

Simak juga Video: Jokowi Siapkan 10 Ribu Hektare Untuk Food Estate di Sumba Tengah

[Gambas:Video 20detik]



(hal/eds)