Buka cekbansos.siks untuk Lihat Penerima Bansos Tunai DKI Jakarta 2021

Puti Yasmin - detikFinance
Rabu, 24 Mar 2021 19:45 WIB
Ilustrasi Uang
Foto: Ari Saputra / detikcom/Buka cekbansos.siks untuk Lihat Penerima Bansos Tunai DKI Jakarta 2021
Jakarta -

Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) telah mencairkan bantuan sosial tunai untuk warga DKI Jakarta di bulan Maret 2021 ini. Untuk mengetahui kamu termasuk penerima, bisa cek di cekbansos.siks.

Selain itu, penerima juga bisa melakukan pengecekan di situs https://siks.kemsos.go.id/ atau di https://dtks.kemensos.go.id/. Penerima hanya cukup login di situs siks.kemsos.go.id atau memasukkan data NIK di laman dtks.kemensos.go.id.

Adapun, bansos tunai yang dicairkan bulan Maret ini adalah BST tahap 3 untuk warga DKI Jakarta. Bantuan diberikan bagi masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19. Besaran bansos tunai bagi warga DKI Jakarta adalah Rp 300.000 selama 4 bulan atau dari Januari hingga April 2021.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan jumlah penerima bantuan penerima bansos tunai 2021 di DKI Jakarta ada 1,8 juta kepala keluarga. Angka tersebut terkoreksi dari sebelumnya 2,4 juta penerima.

Hal itu terjadi karena, kata Riza, pihaknya baru saja melakukan penyesuaian data. Ditemukan bahwa banyak kategori penerima bansos tunai DKI yang meninggal dunia hingga ternyata memiliki penghasilan tetap.

"Hal tersebut dilakukan karena adanya perubahan data yang disesuaikan kembali dengan kategori penerima BST, misalnya ada penerima manfaat yang meninggal dunia, pindah dari Jakarta, perubahan status perkawinan, dan penghasilan tetap," katanya di diskusi virtual bertajuk 'Efektivitas BST dalam Menunjang Kesejahteraan Masyarakat Kala Pandemi' yang disiarkan secara daring, Rabu (10/3/2021).

"Saat ini penerimaan manfaat berjumlah 1.805.216 kepala keluarga dari sebelumnya di awal tahun 2021 berjumlah 1.992.098 kepala keluarga dan 2.460.203 kepala keluarga pada 2020. Efektivitas BST tentu sangat baik dalam menunjukkan kesejahteraan masyarakat di kala pandemi," imbuh dia.

Detikers, jangan lupa lihat nama kamu di penerima bansos tunai 2021 di cekbansos.siks ya!

(pay/pal)