Kementan Klaim Pupuk Subsidi Aman Jelang Musim Tanam April-Mei

Yuda Febrian Silitonga - detikFinance
Kamis, 25 Mar 2021 22:54 WIB
Memasuki musim tanam awal tahun 2021, PT Pupuk Indonesia (Persero) menyiapkan stok pupuk subsidi dan non subsidi untuk petani.
Foto: Dok. Pupuk Indonesia

Sementara itu, PT Pupuk Kujang (anak usaha PT Pupuk Indonesia) terapkan Agrosolution kepada puluhan petani binaannya, di Desa Pancakarya, Kecamatan Tempuran, Karawang, hal tersebut menjadi salah satu upaya salam meningkatkan hasil panen.

Nugroho mengatakan program Agrosolution, merupakan program peningkatan kualitas, dan kuantitas panen para petani.

"Melalui program Agrosolution, petani tak perlu takut hasil panen bakal buruk atau gagal. Sebab, program Agrosolution terbukti berhasil meningkatkan produktivitas panen rata-rata hingga 55%," akuinya usai giat penerapan agrosolution, perdana di Karawang, bersama Wakil Menteri (Wamen) Pertanian RI Harvick Hasnul Qolbi, Kamis (25/3/2021).

Disamping itu, katanya petani dimanjakan dengan berbagai kemudahan. Mulai dari persiapan tanam yang didampingi langsung tim riset Pupuk Kujang, dicarikan bantuan permodalah, asuransi, hingga dicarikan off taker atau pembeli. Alhasil petani tidak kesulitan menjual hasil panen mereka.

"Pola ini yang kami sedang kembangkan, melibatkan banyak pihak, dan pada tahun ini kami menargetkan program Agrosolution di lahan pertanian total seluas 50 ribu hektar,"ungkapnya.

Petani di Pancakarya juga dibantu oleh kucuran dana kredit usaha rakyat (KUR) dari Bank Jabar Banten. Petani juga mendapat perlindungan asuransi dari Jasindo jika terjadi masalah mengancam pada tanaman mereka. Pupuk Kujang bahkan mencarikan pembeli untuk petani Pancakarya. Rencananya, PT Panca bakal menjadi off taker atau pembeli hasil panen mereka nanti.


(hns/hns)