Apa yang Harus Dilakukan UKM untuk Bangkit dari Pandemi?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 27 Mar 2021 19:30 WIB
Kemenkop UKM
Foto: Dok. Kemenkop UKM

Agar dapat membantu pelaku UKM secara lebih luas lagi, AVANA Indonesia bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bandung dan SATGAS Pemulihan Ekonomi Kota Bandung berencana untuk mengadakan berbagai program pelatihan bertemakan digitalisasi bisnis yang diharapkan bisa memberikan dampak positif bagi perkembangan bisnis UKM di Kota Bandung.

Salah satu program tersebut adalah Live Seminar berjudul "Pemulihan Ekonomi Pelaku UKM Melalui Transformasi Digital" yang diadakan kemarin (25/3) melalui media online Zoom. Lewat seminar ini, diharapkan pelaku UKM bisa menambah wawasan baru mengenai tren bisnis saat ini serta bentuk upaya transformasi digital yang harus mereka lakukan agar mampu bertahan di tengah ketatnya persaingan.

"Situasi pandemi ini justru bisa dimanfaatkan oleh pelaku UKM untuk mulai beralih ke media online dalam mengembangkan bisnis mereka. Untuk mendukung perekonomian lokal, AVANA selaku social commerce enabler bisa membantu pelaku UKM untuk bisa berjualan online secara mudah melalui website maupun media sosial serta memanfaatkan puluhan teknologi canggih guna mempermudah pengelolaan toko online mereka," Chief Strategy Officer AVANA Indonesia, Farid.

Untuk selanjutnya, AVANA Indonesia masih berdiskusi lebih lanjut dengan Pemerintah Kota Bandung mengenai rencana program apa yang bisa memberikan manfaat bagi pelaku UKM di Kota Bandung.

AVANA Indonesia sendiri merupakan perusahaan yang menyediakan layanan pendukung Social Commerce dan memiliki visi misi untuk bisa membantu pelaku UKM mengoptimalkan bisnis mereka secara online melalui website maupun media sosial seperti Instagram, Facebook, Whatsapp, LINE hingga Telegram.

Menyediakan teknologi canggih yang bisa dioperasikan oleh orang awam sekalipun, AVANA Indonesia berharap agar pelaku UKM berani mengambil langkah awal untuk mendigitalisasi bisnis mereka dan bangkit di tengah pandemi ini. Kini, AVANA telah membantu lebih dari 100.000 pelaku usaha di Indonesia, Malaysia dan Singapura.

Halaman

(kil/fdl)