ADVERTISEMENT

Gokil! Pialang Online Ajaib Grup Dapat Suntikan Modal Rp 1,2 T

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 30 Mar 2021 14:49 WIB
Ajaib
Foto: Ajaib (istimewa)
Jakarta -

Platform pialang saham online Indonesia, Ajaib Grup berhasil mendapatkan total pendanaan sebanyak US$ 90 juta setara Rp 1,2 triliun (kurs RP 14.417) dari pendanaan Seri A. Total nilai itu disebut sebagai putaran pendanaan terbesar di Asia Tenggara.

Dikutip dari Deal Street Asia, Selasa (30/3/2021) modal terbesar didapat dari pimpinan fintech di Silicon Valley, AS Ribbit Capital. Perusahaan itu menyuntik Ajaib senilai US$ 65 juta. Sebelumnya, Ajaib juga mendapatkan sebanyak US$ 25 juta pada Januari lalu.

Investor lainnya yang terlibat dalam pendanaan ini termasuk Y Combinator Continuity, ICONIQ Capital, Bangkok Bank PLC. Lalu ada investor lainnya yakni Horizons Ventures milik Li Ka-Shing, Softbank Ventures Asia, Alpha JWC Ventures dan Insignia Ventures. Ada juga beberapa pendiri fintech terkemuka termasuk David Velez dari Nubank dan SG Lee dari Toss.

Ajaib Group akan mengerahkan hasil pendanaan untuk terus berinvestasi dalam pengembangan produk dan kapabilitas teknik. Perusahaan mengklaim sebagai pialang saham terbesar keempat di Indonesia berdasarkan jumlah perdagangan.

Dalam empat bulan terakhir, telah memproses lebih dari 10 juta transaksi. Menurut pernyataan itu, platform menyediakan proses pembukaan akun lima menit, tanpa setoran minimum, harga terjangkau, dan akses gratis ke analisis lanjutan.

Managing Partner Ribbit Capital Micky Malka mengatakan investasi ini bertujuan untuk memberikan layanan investasi Indonesia mampu bersaing di dunia.

"Pasar telah menyaksikan revolusi yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam investasi ritel di seluruh dunia. Ajaib berada di garis depan revolusi dan sedang dalam perjalanan untuk membangun merek paling tepercaya di pasar," katanya.

CEO Ajaib Group Anderson Sumarli mengatakan, "kami percaya pada kekuatan investor ritel milenial Indonesia. Mayoritas pertumbuhan kami adalah organik dan kami akan terus berinvestasi dalam produk dan program pendidikan kami."

Dengan rencana untuk meningkatkan investor milenial, Ajaib telah bekerja sama dengan Bursa Efek Indonesia untuk mendidik kaum muda Indonesia. Kerja sama itu ditujukan untuk mengedukasi pentingnya investasi dan perencanaan keuangan sejak usia dini.

Kerja sama ini difokuskan pada penyelenggaraan program pendidikan di daerah yang memiliki literasi keuangan rendah. Didirikan pada 2019, Ajaib memiliki lebih dari 1 juta pengguna.

Ajaib bekerja untuk menyediakan perdagangan saham dan layanan reksa dana melalui Ajaib Sekuritas atau pialang saham online dan Ajaib Reksadana atau reksa dana online. Perusahaan pun telah terdaftar dan diawasi oleh OJK dan BEI.

Simak juga 'OJK Sebut Pasar Modal Indonesia Mulai Bangkit':

[Gambas:Video 20detik]



(dna/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT