Proyek Infrastruktur Jokowi yang Tertunda Gegara Corona

Soraya Novika - detikFinance
Rabu, 31 Mar 2021 08:00 WIB
Foto udara Tol Pekanbaru-Dumai di Riau, Sabtu (26/9/2020). Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131,5 Kilometer ini baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 26 September kemarin dan merupakan bagian dari Tol Trans Sumatera sepanjang 2.878 kilometer. ANTARA FOTO/FB Anggoro/wsj.
Foto: ANTARA FOTO/FB Anggoro

Lalu, ada juga penundaan pada pembangunan jembatan baru atau flyover (FO) atau underpass. Proyek yang ditunda diantaranya Fly Over (FO) Buah Batu, FO Sekip Ujung, Jembatan Cipamuruyan karena belum masuk kriteria siap. Selain itu juga relaksasi jembatan Ciloseh (Lingkar Tasikmalaya) yang memang masih dalam persiapan readiness criteria.

Dengan begitu, target pembangunan Bina Marga juga akan berkurang. Awalnya untuk kegiatan pembangunan jalan baru ditarget bisa selesai 920 kilometer jalan baru di tahun ini, kini menjadi 788 kilometer. Demikian pula dengan pembangunan jembatan baru (fly over/underpass), semula ditarget selesai 29,741 meter menjadi 29.357 meter.

Sementara untuk pengoperasian jalan bebas hambatan, pemeliharaan preservasi jalan dan jembatan juga revitalisasi drainase tidak ada yang ditunda atau berubah dari targetnya.

"Per Maret realisasi anggaran sudah 17% dan realisasi fisik sudah 21%," ungkapnya.

Demikian pula dengan progres lelang proyek dari DIPA tahun ini dengan total 2.432 paket, sudah terkontrak 1.910 paket. Sedangkan yang masih persiapan kontrak ada 149 paket belum lelang 37 paket.


(fdl/fdl)