Saatnya Jadi Bos

Kena Dampak Pandemi, Bule Ini Banting Setir Jual Mie Ayam Beromzet Rp 20 Juta

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 31 Mar 2021 08:53 WIB
Peluang Usaha
Foto: Dok. Charlotte Peteers
Jakarta -

Charlotte Peeters atau yang akrab disapa Mba Charly mendadak jadi perhatian di Yogyakarta. Charly yang merupakan bule asal Belanda viral di media sosial karena berjualan mie ayam. Kini hari-harinya dilewati sebagai pedagang mie ayam. Mulai dari memasak hingga menghidangkan mie ayam bagi para pelanggan di warungnya.

Charly sendiri awalnya bukan pedagang mie ayam, dia memilih membuka warung mie ayam sebagai langkah banting setir untuk bertahan hidup. Awalnya, Charly dan suaminya merupakan pasangan pengusaha bisnis pariwisata di Yogyakarta. Mereka menawarkan beragam jasa pariwisata bagi turis asing maupun domestik.

Namun sialnya, pandemi yang melanda mengubah drastis hidup kedua pasangan ini. Bisnis yang mereka geluti mengalami kemunduran pesat.

Peluang UsahaBisnis Mie Ayam Beromzet Rp 20 Juta Foto: Dok. Charlotte Peteers

Tanpa adanya wisatawan, bisnis pariwisata milik Charly pun tidak lagi mendapatkan pemasukan. Ini lah yang membuat dia dan suaminya mulai melirik usaha lainnya. Termasuk terjun ke dunia kuliner dan membuat usaha mie ayam.

"Memang awalnya kami punya usaha di dunia pariwisata, tiba-tiba ada pandemi, langsung vakum nggak ada pemasukan di usaha itu. Awalnya pikir berapa bulan aja, oh ternyata ini berjalan lama, maka ya kami cari pemasukan lain," ujar Charly kala berbincang dengan detikcom.

Charly pun berjuang keras untuk menemukan usaha yang cocok dijalankan oleh dirinya dan suami. Dia bercerita dirinya pernah menjual snack hingga roti, namun hasilnya tak menjanjikan.

Pernah juga Charly mencoba menawarkan sayur-mayur ke rumah-rumah. Namun, karena dia dan suaminya kurang memiliki minat di usaha tersebut akhirnya tidak diteruskan.

Akhirnya Charly dan suami berpikir untuk membuat mie ayam, kebetulan beberapa tahun lalu menurutnya dia pernah mencoba membesut warung mie ayam dengan sopirnya. Namun, usaha itu gagal karena dia sibuk di usaha pariwisatanya.

Simak juga video 'Imbas Pandemi, Saung Angklung Udjo Bandung Setop Pertunjukan':

[Gambas:Video 20detik]



Lanjut halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2