D'Mentor: 'Naik Kelas Melalui Scale Up Bisnis'

dtv - detikFinance
Rabu, 31 Mar 2021 13:27 WIB
Jakarta -

Dalam perkembangannya, setiap bisnis atau startup akan melakukan scale up atau mengembangkan usahanya lebih luas lagi. Selain bisa menciptakan pasar baru dengan perluasan produk, tentu scale up juga dapat memperoleh keuntungan yang lebih banyak. Hal ini dapat dilakukan melalui peningkatan jumlah dan kualitas produk, penambahan sumber daya manusia, pengelolaan sistem bisnis, hingga memperkuat jaringan bisnis.

Akan tetapi, masih banyak pebisnis yang belum tahu kapan waktu yang tepat untuk melakukan scale up. Selain itu, keterbatasan modal juga menjadi hambatan bagi suatu bisnis untuk berkembang. Pasalnya, seorang pengusaha atau pebisnis harus menyiapkan modal yang cukup besar sebagai biaya tambahan operasional jika ingin melakukan scale up.

Namun, hal tersebut bukan berarti seorang pebisnis tidak dapat melakukan scale up, masih ada solusi untuk mengatasi hambatan tersebut. Seseorang yang memiliki jiwa entrepreneur harus bisa memahami tips dan trip serta cara yang tepat dalam melakukan scale up untuk mengembangkan bisnisnya.

Lantas, kapan saatnya seorang pebisnis harus melakukan scale up? Bagaimana tips dan juga cara yang tepat untuk melakukan scale up bisnis?

Untuk menjawabnya, dMentor kali ini menghadirkan Dodi Zulkifli yang merupakan seorang CEO Neyma, dan juga pakar branding yang sering membantu para UMKM untuk scale up bisnis. Jadi, bagi detikers yang ingin scale up bisnis dan ingin tahu caranya, simak dMentor:'Naik Kelas Melalui Scale Up Bisnis' bersama Dodi Zulkifli.

(hnf/hnf)