Harga Cabai Diprediksi Bakal Tinggalkan Rp 100.000/Kg Bulan Depan

Vadhia Lidyana - detikFinance
Rabu, 31 Mar 2021 19:30 WIB
Harga cabai rawit di berbagai wilayah termasuk Jakarta tengah jadi sorotan. Pasalnya harganya naik salah satunya akibat cuaca buruk yang melanda Tanah Air.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional mencatat harga cabai rawit merah hari ini, Rabu (31/3/2021) masih sekitar Rp 103.350 per kilogram (Kg). Harga tersebut menunjukkan penurunan dari sebelumnya sempat mencapai Rp 125.000/Kg pada pekan lalu.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Syailendra mengatakan, harga cabai rawit merah di sentra-sentra produksi cabai di Jateng dan Jatim sudah menurun drastis. Pasalnya, sentra-sentra produksi tersebut sudah mulai panen.

Bahkan, Syailendra mengatakan di Kabupaten Kediri yang merupakan salah satu sentra produksi, harganya sudah turun drastis ke Rp 38.000/Kg.

"Kalau cabai rawit sudah mulai produksi, terutama Kediri, dataran rendah sudah mulai panen. Di Kediri Rp 38.000/Kg. Dan di beberapa sentra lain sudah turun sampai Rp 50.000/Kg. Makanya turunnya langsung anjlok," tutur Syailendra kepada detikcom.

Melihat kondisi di sentra-sentra produksi, ia memprediksi harga cabai rawit merah akan berangsur turun mulai bulan depan.

Khususnya di bulan Ramadhan atau puasa yang jatuh pada pertengahan April, ia menargetkan harga cabai rawit merah akan meninggalkan level Rp 100.000/Kg. Bahkan, ia memprediksi turunnya sampai ke level Rp 40.000-45.000/Kg.

"Jadi kalau Jakarta banyak supply itu dari Jawa Timur. Kalau melihat tren ini mungkin Rp 40.000-45.000/Kg," kata Syailendra.

Syailendra memang optimistis harga cabai rawit merah akan berangsur turun di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Justru, dirinya mengkhawatirkan harga cabai merah keriting yang akan naik.

"Yang perlu diwaspadai adalah cabai keriting merah. Karena memang sudah di-detect supply-nya akan turun," imbuhnya.

Sebagai informasi, harga cabai merah keriting hari ini berdasarkan PIHPS Nasional ialah Rp 58.350/Kg di wilayah DKI Jakarta. Sementara itu, berdasarkan data Info Pangan Jakarta, harga cabai merah keriting Rp 53.574/Kg.

Tonton Video: Harga Cabai Meroket, Petani Sebut Faktor Cuaca

[Gambas:Video 20detik]



(vdl/eds)