Mending Cari Produk atau Pasar Dulu Kalau Mau Mulai Bisnis?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 01 Apr 2021 09:44 WIB
Belanja online
Ilustrasi/Foto: shutterstock
Jakarta -

Sebelum mulai berbisnis ada beberapa hal yang harus dilakukan. Hal ini agar proses bisnis bisa berjalan lancar dan minim kendala.

Mentor Bisnis dan CEO Neyma Identity & Brand Dodi Zulkifli mengatakan ketika ingin berbisnis harus memperhatikan dan memperhitungkan pasar yang akan dibidik. Pasalnya saat ini dunia usaha makin lama makin kompetitif dan calon pebisnis wajib mengetahui bagaimana cara berjualan yang efektif.

"Tapi sering lupa, apa sih sebenarnya yang diinginkan konsumen? Apa sih yang dicari konsumen dan keputusan apa yang akhirnya bikin mereka mau membeli?," kata dia dalam acara dMentor, Kamis (1/4/2021).

Dia mengungkapkan biasanya orang yang ingin membeli karena merek dan kepercayaan serta kebutuhan akan produk tersebut. Nah sebelum memulai usaha ini harus dilihat apakah konsumen membutuhkan produk yang dikeluarkan.

Oleh karena itu harus mengenali siapa konsumen dan jangan mulai dari menyiapkan produk dulu. "Karena akan susah jika produk dulu yang dibuat dan baru kemudian mencari pembelinya," tambah dia.

Menurut Dodi hal ini jauh lebih mudah dibandingkan jika men-develop produk dulu, sehingga bisnis lebih nyata dan tidak abstrak.

Dia menambahkan untuk menjalankan bisnis ini, pengusaha harus memiliki mimpi besar dan orang-orang yang mampu membantu untuk mewujudkan hal tersebut. Karena itu dibutuhkan lingkungan yang lebih besar dan lebih menantang.

Hal ini agar pola pikir bisa berubah dengan bertemu orang-orang baru. Karena itu masuk komunitas dan mendaftar workshop, seminar sampai pelatihan merupakan hal yang penting.

"Makanya ikut pelatihan yang harganya mahal-malah, pasti di sana banyak orang-orang yang pendapatannya lebih besar dan itu jadi jalan networking kita agar menjadi lebih luas. Jadi kita juga harus bisa mengkondisikan orang-orang di sekitar kita," tambah dia.



Simak Video "Naik Kelas Melalui Scale Up Bisnis"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/ara)