9 Juta Penerima BLT UMKM Dapat Dobel, yang Belum Bagaimana?

Vadhia Lidyana - detikFinance
Kamis, 01 Apr 2021 16:35 WIB
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki/Foto: Kemenkop UKM

Selain itu, Teten mengatakan, sebenarnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta nominal BLT UMKM dipangkas Rp 1,2 juta, agar sisa anggarannya bisa diberikan kepada 12 juta penerima lain. Dengan demikian, kuota penerima BLT UMKM di tahun 2021 ini bisa menjadi 24 juta orang.

"Mengenai angkanya Pak Presiden minta kepada kami, supaya ada perluasan karena masih banyak yang belum menerima. Dan juga untuk usaha mikro itu Rp 500.000 modal juga cukup. Jadi Rp 1,2 juta jadinya. Nah jadi dengan anggaran yang lama, Rp 1,2 juta, sehingga cukup untuk 24 juta orang," urainya.

Namun, pada akhirnya KPC-PEN memutuskan bahwa penerima BLT UMKM tahun ini hanyalah 12,8 juta orang untuk mengejar kecepatan realisasi.

"Tapi kemudian diputuskan oleh KPC-PEN hanya 12,8 juta. Sudah diarahkan kami diberikan untuk yang sudah menerima dulu, karena aspek kecepatan," papar Teten.

Meski begitu, menurut Teten, saat ini pihaknya sedang mengajukan kuota tambahan sebanyak 12 juta penerima kepada Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

"Jadi harapan saya 12,8 juta itu tahap pertama. Sehingga kami akan usulkan kembali 12 juta berikutnya, karena masih banyak yang belum menerima," pungkas Teten.

Halaman

(vdl/ara)