ART Kabur, Majikan di Arab Saudi Bisa Dapat Asuransi

Tim detikcom - detikFinance
Kamis, 01 Apr 2021 21:45 WIB
A Saudi Arabian flag flies on Saudi Arabias consulate in Istanbul on October 4, 2018. - Jamal Khashoggi, a veteran Saudi journalist who has been critical towards the Saudi government has gone missing after visiting the kingdoms consulate in Istanbul on October 2, 2018, the Washington Post reported. (Photo by OZAN KOSE / AFP)
Foto: AFP/OZAN KOSE: Ilustrasi bendera Arab Saudi
Jakarta -

Pemerintah Arab Saudi akan menyediakan asuransi untuk memberi kompensasi kepada warganya. Asuransi itu untuk berjaga-jaga jika asisten rumah tangga (ART) kabur dari majikannya.

Kementerian Sumber Daya Manusia dan Pembangunan Sosial Arab Saudi akan segera meluncurkan skema asuransi untuk memberi kompensasi tersebut.

Dilansir dari The New Arab, Kamis (1/4/2021), Kementerian dan Bank Sentral Arab Saudi telah menyelesaikan semua studi dan prosedur agar kebijakan tersebut dapat dilanjutkan berdasarkan surat kabar Al-Eqtisadiah.

Majikan akan diberi kompensasi biaya perekrutan jika seorang ART melarikan diri atau menolak untuk menyelesaikan kontrak mereka setelah masa percobaan tiga bulan berakhir.

Polis asuransi juga mencakup gaji pekerja rumah tangga jika majikan tidak mampu membayarnya. Asuransi tersebut tidak wajib tetapi akan ada insentif untuk mendorong pemberi kerja bergabung.

Media Arab Saudi melaporkan polis asuransi akan berlaku selama dua tahun dengan premi kurang dari SR500 (US$ 133). Kebijakan ini dibuat setelah regulator asuransi kesehatan Saudi mengumumkan bahwa semua perusahaan sektor swasta harus memberikan asuransi kesehatan kepada karyawan dan keluarganya.

(toy/hns)