Siap-siap, Ongkos Kirim Bisa Naik Menggila!

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Jumat, 02 Apr 2021 13:30 WIB
Kapal kontainer dan kapal pesiar di Terusan Suez
Foto: CNN
Jakarta -

Lembaga pemeringkat Fitch Ratings mengungkapkan tersendatnya rantai pasok pada pengiriman global termasuk pasar semi konduktor menimbulkan tekanan pada inflasi.

Dari laporan Fitch disebutkan bahwa hal ini bisa mempengaruhi harga komoditas yang lebih tinggi dibandingkan musim semi tahun lalu. Hal ini diiringi dengan investasi Amerika Serikat (AS) di sektor swasta yang mulai menguat dan tanda-tanda pemulihan di China.

Memang industri manufaktur di dunia sudah mulai pulih karena permintaan yang tinggi untuk barang elektronik untuk konsumen rumahan.

Fitch juga mengungkapkan rantai perdagangan di dunia telah pulih bahkan lebih cepat dari ekspektasi sebelumnya. Kondisi ini turut mempengaruhi biaya pengiriman barang sejak November tahun lalu.

Apalagi tarif sewa kapal kontainer juga mengalami kenaikan hingga empat kali lipat pada beberapa rute pengiriman.

Kemudian insiden di Terusan Suez belum lama ini juga menyebabkan tersendatnya pengiriman ke berbagai wilayah. Apalagi industri semikonduktor dunia juga saat ini sedang berjuang untuk memenuhi permintaan yang melonjak tajam.

Fitch mengungkapkan tekanan inflasi diharapkan terjadi dalam jangka pendek dan tersendatnya pasokan bisa segera terurai. Biaya pengiriman layanan transportasi kargo di AS adalah US$ 32 miliar pada 2020 atau 0,2% dari produk domestik bruto (PDB).



Simak Video "Dalam 3 Hari, Ditargetkan Tak Ada Lagi Kemacetan di Terusan Suez"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/dna)